Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
182

Wakili Anggota, Legal Standing Serikat Pekerja INewsTV Dipertanyakan

Jakarta, BuruhOnline.com – PT. Sun Televisi Network, dalam jawabannya pada sidang gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja melawan Abdul Jabbar Hafidz Albar dan kawan-kawan (3 orang), mempertanyakan kedudukan hukum (legal standing) Arif Rachman selaku kuasa hukum di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam keterangannya usai menghadiri persidangan, Rabu (4/9/2019), Arif Rachman menjelaskan kedudukannya mewakili Abdul Jabbar dan kawan-kawan adalah sebagai pengurus serikat pekerja. Arif menegaskan, bahwa pengurus serikat pekerja dapat mewakili anggotanya untuk beracara di Pengadilan Hubungan Industrial, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pengaturan kebolehan bagi pengurus serikat pekerja mewakili anggotanya dalam persidangan di PHI, dipertegas dalam Pasal 87 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004, yang menyatakan serikat pekerja (tingkat perusahaan, kabupaten/kota, propinsi atau pusat) dapat bertindak sebagai kuasa hukum untuk beracara di PHI mewakili anggotanya.

“Kami dalilkan dalam replik, bahwa kami ini selaku pengurus serikat pekerja yang mempunyai legal standing dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000,” ujar Arif. Dalam lanjutan persidangan yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie tersebut, Arif telah menyampaikan 10 bukti surat. Diantaranya kontrak kerja, kartu pengenal karyawan, slip gaji, dan surat tugas saat mereka bertiga melakukan peliputan di lapangan.

Dalam persidangan sebelumnya, Abdul Jabbar dan kawan-kawan telah membantah penerapan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) di INewsTV. Sebab, juru kamera dan pengumpul berita bukanlah sebagai pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam waktu tertentu, musiman atau dalam masa penjajakan, sesuai syarat yang telah diatur dalam Pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, PT. Sun Televisi Network dalam jawabannya, menganggap perjanjian kerja kontrak yang telah dibuatnya bersama Hafidz dan kawan-kawan, telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of