Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
347

12 Tahun Bekerja Dianggap Bukan Sebagai Karyawan, Sakitnya Tuh Disini!!!

Jakarta, BuruhOnline.com – Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Demikian ungkapan untuk menggambarkan perasaan sakit Muryati, yang tidak pernah menyangka, setelah 12 tahun bekerja dan mengabdikan dirinya untuk kejayaan PT. Surya Multi Sarana, berakhir dengan cara tidak diakui sebagai seorang karyawan. Ia tidak lagi diperkenankan bekerja sejak 4 Juni 2018, dan tidak memiliki hak atas uang kompensasi pesangon, karena Muryati hanya dianggap sebagai mitra kerja.

Terhadap hal tersebut, Muryati melalui kuasa hukumnya Jandry Luhukay menegaskan, bahwa pihaknya memiliki bukti yang membantah anggapan Perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan secara tunai atau kredit itu. Diantara bukti yang akan Jandry sampaikan, yakni slip gaji dan surat degradasi yang diterbitkan oleh Pemilik Toko SOLITE itu.

“Perusahaan mengatakan, bahwa Penggugat bukan Pekerja Tergugat, bahwa Penggugat adalah mitra kerja,” tutur Jandry, Senin (14/10/2019) usai menghadiri persidangan yang digelar di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. “Penggugat bekerja sudah 12 tahun, dan ada slip gajinya, ada perintah seperti yang di surat degradasi yang mereka buat,” lanjutnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja telah menganjurkan agar Perusahaan mempekerjakan kembali Muryati. Selain itu, PT. Surya Multi Sarana juga dianggap telah membayar upah Muryati dibawah ketentuan upah minimum yang berlaku. “Anjuran dari Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Selatan, menganjurkan Perusahaan mempekerjakan kembali Pekerja, dan membayar selisih upah sejak Pekerja masuk bekerja sampai dengan adanya putusan berkekuatan hukum tetap,” tambah Jandry.

Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Duta Baskara itu, mengagendakan pembacaan duplik dari Pihak Perusahaan dalam sidang pekan depan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of