Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
264

BeritaSatuTV Dihukum Bayar Pesangon Ratusan Juta

Jakarta, BuruhOnline.com – Dianggap tidak mungkin lagi dapat dipertahankan, akhirnya hubungan kerja antara Jekson Simanjuntak dengan PT. First Media News, dinyatakan putus terhitung sejak Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie membacakan putusan, Rabu (9/10/2019) Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Badan usaha dari BeritaSatuTV tersebut, juga dihukum membayar uang pesangon sebesar Rp246 juta.

Jekson mengaku belum dapat menerima keputusan Majelis Hakim. Karena ia dalam surat gugatannya, meminta agar dapat dipekerjakan kembali sebagai produser berita di PT. First Media News. Sebab, ketidakhadirannya tidak dapat dikualifikasi mangkir, melainkan karena dirinya mengajukan cuti untuk tugas kemanusiaan dengan mendirikan Posko Media Center di Palu, yang diinisiasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) pada Oktober 2018 lalu.

“Majelis Hakim mengabulkan sebagian. Namun yang terpenting, Majelis Hakim melihat hubungan ini sudah tidak harmonis lagi. Sehingga akhirnya harus diputus dan diakhiri dengan pesangon,” jelas Jekson yang tanpa didampingi kuasa hukum.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, permohonan cuti yang diajukan Jekson tidak disetujui PT. First Media News, dan ketidakhadirannya tanpa ijin dikategorikan sebagai perbuatan yang melanggar tata tertib Peraturan Perusahaan. Jekson menegaskan, bahwa panggilan bekerja yang disampaikan Perusahaan atas ketidakhadirannya, tidak sah. Sehingga ia meminta agar Majelis Hakim menyatakan hubungan kerjanya tidak terputus, dan memerintahkan Perusahaan untuk mempekerjakannya kembali.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of