Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.034

Denso Dalilkan PHK Efisiensi, Pekerja Ajukan Saksi Ahli dan Bukti

Jakarta, BuruhOnline.com – Sidang lanjutan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi ahli dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja yang diajukan oleh PT. Denso Indonesia, 11 Juli 2019 lalu itu, kembali digelar oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Hakim M. Djoenanidie yang memimpin persidangan, menuntun saksi ahli yang dihadirkan oleh Pekerja dalam melafalkan sumpah, sebelum memberikan keterangannya.

Devita Oktavia selaku kuasa hukum Muhammad Adi Wijaya dan kawan-kawan (5 orang) mengatakan, saksi ahli yang dihadirkannya yakni H. Suradin hendak membantah alasan Perusahaan dalam memutuskan hubungan kerja karena efisiensi. Menurut keterangan Suradin, pengakhiran hubungan kerja dengan alasan efisiensi hanya dapat dilakukan apabila perusahaan melakukan penutupan kegiatan usahanya.

“Selama Perusahaan itu masih berjalan, tidak bisa melakukan PHK. Jadi, untuk penafsiran (Pasal) 164 (Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003) sendiri adalah perusahaan harus tutup dulu,” terang Devita, Rabu (9/10/2019) usai menghadiri persidangan. Sehingga, pengakhiran hubungan kerja merupakan upaya terakhir yang dapat dilakukan PT. Denso Indonesia, lanjutnya.

Dalam persidangan sebelumnya, Devita mengaku, pihaknya telah menyerahkan 26 bukti surat. Diantara bukti yang dapat membantah dalil Perusahaan, yakni adanya perekrutan tenaga kerja baru dengan membuka lowongan kerja secara online. “Kita menemukan adanya rekrutmen online yang masih dibuka PT. Denso Indonesia,” tuturnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, PT. Denso Indonesia meminta Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat untuk menyatakan putus hubungan kerja dengan Wijaya dan kawan-kawan sejak 27 Maret 2019, dengan penetapan besaran uang kompensasi pengakhiran hubungan kerja, berupa uang pesangon, sisa cuti, biaya pemulangan pekerja ke tempat asal, penggantian perumahan, pengobatan dan perawatan. Padahal, Dinas Tenaga Kerja telah menganjurkan PT. Denso untuk mempekerjakan kembali kelima pekerjanya itu.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of