Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
219

Dianggap Jadi Beban Operasional, TKA Bergaji Ratusan Juta Rupiah Ini Diberhentikan

Jakarta, BuruhOnline.com – Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim M. Djoenanidie, kembali menggelar lanjutan persidangan yang beragendakan pemeriksaan bukti dari Shane Menere selaku Penggugat. Diwakili kuasa hukumnya, Habibie mengatakan, gugatan yang diajukannya akibat pemberhentian secara sepihak yang dilakukan oleh PT. Metso Minerals Indonesia.

Menurutnya, Perusahaan telah keliru dalam mengadakan hubungan kerja dengan Shane Menere. Sebab sejak tahun 2013, Shane dipekerjakan tanpa adanya perjanjian kerja tertulis. Lalu di tahun 2017, PT. Metso Minerals Indonesia baru mewajibkan Shane untuk menandatangani perjanjian kerja waktu tertentu. Atas hal tersebut, Shane meminta Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, untuk menyatakan Shane sebagai pekerja tetap.

“Awalnya, principal kami bekerja sejak tahun 2013, dengan jabatan manager service. Baru teken perjanjian itu tahun 2017, tepatnya 1 Oktober. Tapi ditengah-tengah perjalanan, tiba-tiba diberhentikan sepihak dengan alasan beban operasional,” ujar Habibie. Atas gugatan Shane, PT. Metso Minerals Indonesia mengaku telah membayar hak-hak Shane yang merupakan Tenaga Kerja Asing (TKA) itu.

Akan tetapi, dalil tersebut dibantah oleh Habibie. “Tapi menurut kami, itu belum memenuhi hak-hak klien kami, terkait hak sesuai undang-undang ketenagakerjaan,” katanya. Dikatakan Habibie, pihaknya telah menyampaikan enam bukti surat, yang menguatkan dalil-dalil gugatannya, yakni diantara bukti tersebut adalah perjanjian kerja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of