Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
628

Diberhentikan Sepihak, Pelaut Ini Ajukan Tuntutan Hingga 1,4 Miliar

Jakarta, BuruhOnline.com – Melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rudyanto yang kesehariannya bekerja sebagai Pelaut di PT. Maxima Liners itu, mengajukan gugatan besaran uang pesangon atas pemutusan hubungan kerja sepihak sejak 21 Oktober 2018. Dalam surat gugatannya yang diregister dengan Perkara Nomor 253/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, Rudyanto menuntut besaran hak yang harus diterimanya hingga Rp1,4 miliar.

Dikatakan Yogi Fajar Suprayogi selaku kuasa hukum Rudyanto, pihaknya telah berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pemberhentian sepihak itu melalui jalan perundingan, hingga dimediasikan oleh Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Selatan. Dalam anjurannya, PT. Maxima Liners diminta untuk membayar hak-hak Rudyanto, namun tidak diindahkan.

“Sebagai pelaut, diberhentikan sepihak oleh Perusahaan. Kami sudah berupaya beriktikad baik mendatangi kantor perusahaan beberapa kali, dan juga sudah dilakukan mediasi di Dinas Tenaga Kerja Jakarta Selatan,” jelas Yogi, Senin (14/10/2019). Tak hanya pesangon, Rudyanto juga meminta kepada Majelis Hakim, untuk menetapkan besaran uang paksa kepada Perusahaan, apabila gugatannya dikabulkan dan tidak dijalankan oleh Perusahaan.

Berdasarkan catatan BuruhOnline, gugatan yang diajukan oleh Pelaut di Pengadilan Hubungan Industrial, bukanlah baru pertama kali ini. Sebelumnya, PT. Rusianto Bersaudara telah dihukum untuk membayar uang kompensasi pesangon sebesar dua kali ketentuan undang-undang kepada Syamsuddin.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of