Minggu, 23 Februari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
400

Dikontrak Setahun, Baru Dua Bulan Kerja Sudah Tidak Digaji

Jakarta, BuruhOnline.com – Walau pengakhiran perjanjian kerja kontrak (waktu tertentu) dapat dilakukan secara sepihak, tetapi ketentuan perundang-undangan mewajibkanya pihak yang mengakhiri kontrak kerja tersebut, untuk memberikan sejumlah ganti rugi yang besarannya diatur dalam perjanjian kerja. Atas dasar itulah, Yoshio Uchida melalui Arthur W Sanger selaku kuasa hukumnya, menggugat Kantor Konsultan Pajak Panorama ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dikatakan Arthur, Yoshio memiliki hak untuk tetap mendapatkan sisa upah yang harus diberikan tempat bekerjanya selama 10 bulan, serta penggantian biaya transportasi saat dirinya diundang bekerja. Sebab, lanjut Arthur, perjanjian kerja kontrak yang telah ditanda-tangani, mengatur batas waktu perjanjian selama satu tahun. Akan tetapi, Yoshio yang baru dua bulan bekerja sudah tidak lagi dibayarkan upahnya.

“Saat dia di Jepang, dipanggil ke Jakarta untuk bekerja selama setahun. Tetapi begitu dia datang, bulan pertama bekerja, bulan kedua bekerja dibayar gajinya. Bulan ketiga nggak dibayar lagi,” ujar Arthur, Senin (28/10/2019). Atas tindakan Kantor Konsultan Pajak Panorama tersebut, akhirnya Yoshio mengadukannya ke Dinas Tenaga Kerja. Akan tetapi, menurut Arthur, Disnaker menganjukan pihaknya untuk menerima pengajuan perdamaian.

“Anjuran Disnaker abu-abu. Dia bilang sebaiknya kita terima uang kerohiman dari company, dari KKP,” jelasnya. Akan tetapi, Arthur menjelaskan, bahwa pihaknya keberatan dengan anjuran tersebut, yang tidak mengakomodir kepastian hukum dari ketentuan perundang-undangan di Indonesia. “Anjuran itu tidak memberikan kepastian hukum bagi klien kami, makanya kami ajukan gugatan,” tegas Arthur.

Dalam surat gugatannya yang diregisterasi di Kepaniteraan PHI Jakarta Pusat Nomor 313/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, Yoshio meminta agar Kantor Konsultan Pajak Panorama dihukum untuk membayar sisa upahnya selama 10 bulan sebagai ganti rugi pengakhiran kontrak sepihak. Sidang yang beragendakan penyerahan jawaban gugatan tersebut, ditunda oleh Hakim Duta Baskara hingga pekan depan.

3
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Barkah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Bahkan kartu nama yang dibuat sama Tergugat-pun kita sampaikan,” jelasnya. Seperti telah diberitakan, Yoshio yang dalam surat gugatannya Nomor 313/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, meminta agar Kantor […]

Barkah
Guest
Barkah

Kok ada Mediator mengenal uang kerohiman? Memangnya di UU Ketenagakerjaan mengatur kompensasi PHK berupa uang kerohiman?
Hadew….

Salam,
Barkah

trackback

[…] telah pernah diberitakan, Yoshio meminta agar Kantor Konsultan Pajak Panorama dihukum untuk membayar sisa upahnya selama 10 […]