Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
545

Hanya Diberikan Pesangon Dua Bulan Gaji, Buruh Perempuan Ini Menggugat

Jakarta, BuruhOnline.com – Setelah empat tahun bekerja, Lily Vernanda diberhentikan oleh PT. Metrox Fortuna yang hanya bersedia memberikan uang kompensasi pesangon sebesar dua bulan upah. Tawaran tersebut, kontan ditolak Lily. Ia meminta kepada Perusahaan, untuk memberikannya pesangon sebesar empat bulan gaji, uang penghargaan dan hak-hak lainnya. Menurut Lily, Perusahaan tak hanya memberhentikan dirinya saja, tetapi juga beberapa Pekerja lain dengan alasan sedang menderita kerugian.

Karena tuntutannya tak dipenuhi, ia berupaya untuk mengajukan perundingan secara musyawarah, namun tidak berhasil. Akhirnya Lily mengajukan penyelesaian melalui Dinas Tenaga Kerja. Setelah tiga kali dilakukan sidang mediasi, lanjut Lily, akhirnya diterbitkanlah surat anjuran yang menyarankan Perusahaan membayar uang pesangon dua kali ketentuan undang-undang, karena PT. Metrox Fortuna dianggap tidak mampu membuktikan kerugiannya.

“Jadi sebenernya yang di-PHK itu bukan saya sendiri, ada pengurangan di group Perusahaan kami, Metrox Group,” ujar Lily, Senin (21/10/2019) usai menghadiri persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Menurutnya, memang Perusahaan sudah memanggil beberapa teman Pekerja lainnya. Dirinya disodorkan surat perjanjian bersama yang memaklumi adanya pengurangan Pekerja karena defisit keuangan.

“Di surat perjanjian bersama itu, dituliskan akan diberikan kompensasi dua bulan gaji. Sedangkan saya bekerja empat tahun. Nah, di belakangnya surat itu, ada surat pengunduran diri. Saya nggak mau tanda tangan dong,” lanjut Lily. Ia mengatakan, dengan tidak adanya musyawarah, maka Perusahaan akan semakin diberikan kewajiban yang lebih berat.

“Saya sebenarnya tidak sampai menggugat dua kali ketentuan undang-undang ketenagakerjaan ya. Saya sudah bilang dengan lawyernya (Perusahaan). Saya cuma menuntut dari awal kasus ini dibawa ke Disnaker, saya hanya menuntut satu kali ketentuan,” tegas Lily. Dalam surat gugatannya, ia yang ditempatkan sebagai Asisten Accounting Manager menggugat PT. Metrox Fortuna untuk membayar uang kompensasi pesangon sebesar 11,5 kali gajinya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of