Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
283

Pekerja di-PHK Sepihak, Komatsu Dilaporkan Polisi

Jakarta, BuruhOnline.com – Endra Pradata merasa dicemarkan nama baiknya, atas tindakan PT. Komatsu Indonesia yang memutuskan hubungan kerjanya secara sepihak, dengan tuduhan telah melakukan kesahan berat terkait transaksi keuangan di Perusahaan. Sebab, tuduhan tersebut belum dapat dibuktikan dengan putusan pengadilan pidana yang telah berkekuatan hukum tetap. Sehingga, Endra melaporkan Perusahaan ke Kepolisian Daerah Metro Jaya, pada 15 September 2019 lalu.

Demikian dikatakan Makki Yuliawan selaku kuasa hukum Endra, Rabu (16/10/2019) usai menghadiri persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang beragendakan jawaban atas gugatan PT. Komatsu Indonesia. Melalui surat gugatan yang diregisterasi dengan Perkara Nomor 293/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, PT. Komatsu Indonesia meminta Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim M. Djoenanidie, untuk menyatakan hubungan kerja dengan Endra Pradata putus terhitung sejak 30 September 2019.

“Kami juga sudah membuat Laporan Polisi di Polda Metro,” ujar Makki. Ia menambahkan, Endra yang telah bekerja selama 30 tahun lebih, merasa tidak pernah melakukan penggelapan atau korupsi di Perusahaan. “Ini perbuatan melawan hukum. Jadi pencemaran nama baik,” terangnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Endra yang bekerja sebagai staff junior accounting dituduh menjadi penyebab tidak terpenuhinya pembayaran tagihan pihak ketiga. Dugaan yang belum pernah di-uji kebenarannya tersebut, menjadi alasan PT. Komatsu Indonesia menjatuhkan skorsing terhitung sejak 29 Mei 2018, hingga akhirnya diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak pada Oktober 2018.

Dalam jawabannya, Endra meminta agar Majelis Hakim menolak gugatan Perusahaan dan mempekerjakan kembali dirinya, dengan disertai pemulihan hak-haknya sebagai Pekerja. Hakim M. Djoenanidie yang memimpin persidangan, menunda sidang hingga pekan depan untuk memberi kesempatan kepada PT. Komatsu Indonesia menyerahkan replik.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of