Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
589

Pengusaha Gugat Besaran Bonus, Hakim Menangkan Sebagian Tuntutan Buruh

Bandung, BuruhOnline.com – Gugatan yang diajukan oleh PT. Fuji Presisi Tool Indonesia, dapat dikatakan tidak umum dilakukan oleh Pengusaha. Terlebih, yang menjadi materi gugatan adalah besaran bonus (hadiah kerja) akhir tahun. Melalui surat gugatan yang diajukannya pada 21 Juni 2019 lalu, Perusahaan meminta kepada Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, untuk menetapkan besaran bonus hanya 1 (satu) bulan upah sebesar Rp1,3 miliar.

Terhadap gugatan tersebut, Arjuna dan kawan-kawan (217 orang) melalui kuasa hukumnya, Rudol mengajukan tuntutan rekonpensi (gugatan balik) yang meminta penetapan besaran bonus sebesar 2,8 bulan upah. Menurutnya, angka tersebut sesuai dengan anjuran Mediator Dinas Tenaga Kerja. “Dari kita selaku Tergugat, menggugat balik untuk Perusahaan membayar hadiah akhir tahun atau bonus 2018 itu sebesar 2,8 kali upah,” ujar Rudol, Senin (7/10/2019).

Dalam amar putusan yang dibacakan oleh Hakim Wasdi Permana selaku Ketua Majelis Hakim, PT. Fuji Presisi Tool Indonesia dihukum untuk membayar bonus tahun 2018 sebesar 1,5 kali upah, yang seluruhnya berjumlah Rp1,6 miliar lebih. “Menghukum Tergugat Rekonpensi membayar hadiah kerja akhir tahun (bonus) tahun 2018 sebesar 1,5 kali upah,” ucap Hakim Wasdi.

Rudol yang ditemui usai persidangan mengatakan, bahwa putusan Majelis Hakim memang belum mengabulkan gugatan pekerja seluruhnya. Tetapi Hakim juga menolak gugatan perusahaan yang hanya bersedia memberikan bonus sebesar satu bulan upah. Atas hal tersebut, ia mengaku akan pikir-pikir terlebih dahulu, sambal mengkomunikasikan hasil putusan dengan para pengurus serikat pekerja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of