Minggu, 20 Oktober 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
165

Perintah Pengadilan Angkat Jadi Pekerja Tetap, Kok Malah Diberhentikan?

Jakarta, BuruhOnline.com – Aposan Sinaga terlihat kesal dengan tindakan Koperasi Karyawan Air Timur Jakarta (Kopkar ATJ), yang memutuskan hubungan kerja secara sepihak Nana Sumarna dan kawan-kawan. Menurut Aposan selaku kuasa hukum dari keenam belas pekerja itu, status hubungan kerja waktu tertentu yang diadakan oleh pihak Kopkar ATJ telah dinyatakan bertentangan dengan undang-undang oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di tahun 2011.

Nana Sumarna mengatakan, telah terjadi penyimpangan penerapan perjanjian kerja kontrak (waktu tertentu). Diantaranya, pada saat perpanjangan kontrak di tahun 2015 hingga 2018, Nana dan kawan-kawan tidak pernah diberikan salinan perjanjian kerja. Selain itu, Aposan juga mengutarakan, bahwa putusan PHI terkait status pekerja hingga kini belum dijalankan Kopkar ATJ.

“Sebenarnya perkara kawan-kawan ini sudah lama dari tahun 2011, awalnya sebagai pekerja harian. Karena bekerja selama bertahun-tahun, kawan-kawan ini nuntut untuk diangkat sebagai karyawan tetap. Sempat diproses di PHI dan putusannya itu mengabulkan mereka untuk diangkat sebagai karyawan tetap,” ujar Aposan, Kamis (30/9/2019) usai menghadiri persidangan.

Dalam perjalanannya, sambung Aposan, pihak Kopkar ATJ bukannya menjalankan putusan pengadilan, justru malah diberhentikan. Ia telah berupaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui Dinas Tenaga Kerja. Namun karena tidak mencapai kesepakatan, maka Disnaker menganjurkan bekerja kembali dan agar Kopkar ATJ membayar hak-hak Nana Sumarna dan kawan-kawan.

Atas pemberhentian secara sepihak yang dilakukan pihak Kopkar ATJ, Nana dan kawan-kawan melalui Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat menuntut dipekerjakan kembali, serta membayar upah selama tidak dipekerjakan sejak diberhentikan pada April 2018. Tak hanya itu, pihak Kopkar juga diminta untuk dihukum membayar kerugian imateriil, dan agar pengadilanb meletakkan sita jaminan terhadap rekening perbankan milik Kopkar ATJ.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of