Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
418

Sebelum Diberhentikan, Sempat Diturunkan Level Jabatan & Dipindahkan

Jakarta, BuruhOnline.com – Candra Winata Alamsyah, tak terima dengan tindakan PT. Pharos Indonesia yang memberhentikannya secara sepihak sejak Januari 2019 lalu. Sebelumnya, Candra sempat diturunkan level jabatannya semula Area Manajer menjadi Supervisor. Padahal ia mengaku, performancenya selama ini cukup baik. Tak hanya itu, Candra yang berdomisili di Bekasi juga diminta untuk menempati lokasi kerja baru di Parungpanjang, Bogor.

“Sebelumnya tiba-tiba saya diturunkan level jabatannya, dari area manajer menjadi supervisor dengan alasan yang tidak jelas. Padahal performance saya masih bagus. Dan itu saya dipindahtugaskan areanya,” ujarnya. Keadaan tersebut, menurut Candra sebagai upaya PT. Pharos Indonesia agar dirinya tidak bersedia melanjutkan hubungan kerja dan mengundurkan diri.

Usai menghadiri persidangan, Senin (21/10/2019), ia berharap agar tidak ada lagi Pekerja yang diperlakukan sama seperti dirinya. Dan meskipun dirinya tidak lagi dikehendaki bekerja, namun Candra tetap meminta Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, untuk memerintahkan Perusahaan mempekerjakan kembali dirinya di jabatan dan posisi semula.

Dalam surat gugatannya yang diregisterasi di Kepaniteraan PHI Jakarta Pusat tanggal 3 Oktober 2019 dengan Perkara Nomor 314/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, Candra juga menuntut upah selama tidak lagi dipekerjakan selama enam bulan. Serta Perusahaan diminta untuk dihukum membayar uang paksa (dwangsom) sebesar Rp3 juta per hari, apabila gugatan bekerja kembalinya dikabulkan.

Sebelum mengajukan gugatan, Candra telah berusaha untuk menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaannya tersebut melalui mediasi di Dinas Tenaga Kerja. Akan tetapi tidak menghasilkan kesepakatan apapun. Bahkan anjuran Disnaker yang menyarankan agar PT. Pharos Indonesia mempekerjakan kembali dirinya-pun tidak dilaksanakan.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] telah diberitakan sebelumnya, Candra Winata Alamsyah, tak terima dengan tindakan PT. Pharos Indonesia yang […]