Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
90

Upah Tak Mencukupi Bekerja di Luar Kota, Pengusaha Anggap Mengundurkan Diri

Bandung, BuruhOnline.com – Dengan alasan tidak masuk bekerja selama lebih dari lima hari berturut-turut, PT. Bank Yudha Bakti mengkualifikasikan Yunan Yusandi Mukhlis mengundurkan diri terhitung sejak Maret 2015. Padahal Yunan memiliki alasan atas ketidakhadirannya, yakni karena ia yang selama ini bekerja sejak tahun 2009 dan berkeluarga di Bandung, Jawa Barat tidak memiliki upah yang cukup untuk dapat bertahan hidup di lokasi kerja yang baru di Jember, Jawa Timur.

Atas hal tersebut, Yunan yang bekerja sebagai staff operasional mengajukan keberatan dan melakukan perundingan dengan Perusahaan. Namun pada saat Yunan sedang melakukan proses perundingan yang difasilitasi Mediator Dinas Tenaga Kerja, PT. Bank Yudha Bakti mengirim surat pemutusan hubungan kerja. Sehingga terhadap tindakan Perusahaan, Yunan menuntut diberikan uang kompensasi melalui gugatan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung.

“Tapi setelah bipartit dengan Perusahaan tidak berhasil, nah pada saat klien kami melakukan proses tripartit di Disnaker Bandung, tiba-tiba mendapatkan surat dari Perusahaan, bahwa hubungan kerjanya diakhiri,” ujar Hari selaku kuasa hukum Yunan, Senin (7/10/2019) seusai menghadiri persidangan.

Dalam anjurannya, PT. Bank Yudha Bakti disarankan agar membayar uang pesangon sebesar satu kali ketentuan undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku. Atas anjuran tersebut, pihak Perusahaan tidak bersedia melaksanakannya. Sehingga Yunan mendaftarkan gugatan dengan registerasi Perkara Nomor 186/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg sejak 5 Agustus 2019 lalu.

Sidang yang dipimpin oleh Hakim Wasdi Permana itu, akhirnya ditunda hingga pekan depan untuk mendengar keterangan saksi dari PT. Bank Yudha Bakti.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of