Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
531

53 Buruh di Bekasi Menggugat Setelah Sepuluh Tahun Digaji Rp1,6 juta perBulan

Bandung, BuruhOnline.com – PT. Damai Kreasindo Abadi membantah jika pihaknya hanya memberikan upah sebesar Rp1,6 juta sampai Rp1,8 juta perbulan kepada Ridwan dan kawan-kawan (53 orang). Namun faktanya, menurut kuasa hukum Ridwan, Gunawan Wahyudi mengatakan, sudah pernah ada keinginan Perusahaan untuk membayar upah sesuai upah minimum kabupaten yang berlaku di Bekasi pada tahun 2019. Hal itu, lanjut Gunawan, disampaikan pada saat sidang mediasi di Dinas Tenaga Kerja.

“Jadi gini, PT. Damai Kreasindo ini banyak melakukan pelanggaran-pelanggaran normatif. Salah satunya mereka tidak membayar upah sesuai UMK Kabupaten Bekasi. Dimana para Pekerja ada yang mendapat 1,6 bahkan sampai 1,8 (juta) perbulannya,” ujar Gunawan, Rabu (30/10/2019) usai menghadiri sidang yang digelar diruang Wirjono Prodjodikoro, gedung Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung.

Akan tetapi, seperti dikatakan Luhur Ciptaning, yang juga salah satu kuasa hukum Ridwan menegaskan, pihaknya mempertanyakan akibat hukum dari pembayaran upah minimum di PT. Damai Kreasindo Abadi selama sepuluh tahun yang lalu. Luhur juga menceritakan, bahwa pelanggaran pembayaran upah minimum tersebut, telah diterbitkan Nota dari Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan.

“Mengenai upah, di dalam mediasi kemarin akan dinaikkan per-2019. Persoalan kita ini-kan 2019 ke bawah, yang dibawah UMK itu sudah berjalan (selama) sepuluh tahun tadi,” tambah Luhur. Ia mengatakan, pihaknya meminta agar Majelis Hakim menghukum PT. Damai Kreasindo Abadi membayar kekurangan upah selama 10 tahun yang jumlahnya sebesar Rp4,1 miliar lebih.

Selain itu, Ridwan dan kawan-kawan juga menuntut PT. Damai Kreasindo Abadi dinyatakan telah melakukan tindak pidana kejahatan pembayaran upah dibawah upah minimum, sebagaimana diatur dalam Pasal 90 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, dengan ancaman pidana penjara paling lama empat tahun.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of