Sabtu, 7 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
137

Buruh Pabrik Sandal Ajukan Sembilan Bukti & Hadirkan Dua Saksi

Jakarta, BuruhOnline.com – Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019) kembali menggelar sidang lanjutan yang beragendakan kesimpulan, dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja antara Antonius Devi Aviri dan Muhammad Hamka melawan PT. Sinar Jaya Perkasa. Pada persidangan sebelumnya, kedua Pekerja yang diwakili kuasa hukumnya, Vincensius telah mengajukan sembilan bukti surat dan dua orang saksi.

“Bukti yang kami ajukan sebanyak sembilan (bukti), terkait dengan namecard, surat PHK, slip gaji,” papar Vincen usai menghadiri persidangan di ruang sidang Oemar Seno Adji 2, gedung PHI Jakarta Pusat. Vincen mengatakan, kedua saksi yang dihadirkan oleh pihaknya tersebut, menerangkan bahwa Antonius dan Hamka tidak terbukti telah melakukan kesalahan berat seperti yang dituduhkan Pengusaha.

“Terkait penjelasannya mereka, terkait tuduhan-tuduhan Tergugat (Perusahaan) tidak tepat. Karena tuduhan Tergugat waktu itu melakukan pelanggaran berat,” ujarnya. Menurut Vincen, tuduhan tersebut hanya dapat dijadikan alasan pemberhentian, jika telah memenuhi persyaratan yang diatur dalam Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 12/PUU-I/2003.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Antonius Devi Aviri dan Muhammad Hamka meminta Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, untuk meletakkan sita jaminan atas tanah dan bangunan PT. Sinar Jaya Perkasa di Jl. Kamal Raya, Jakarta Barat itu. Pasalnya, produsen sandal terkemuka merk ‘Swallow’ itu, dianggap telah memberhentikan keduanya tanpa alasan sejak Mei 2019.

Dikatakan Vincen, karena keduanya sudah bekerja hampir selama 20 tahun, maka pihaknya menuntut agar PT. Sinar Jaya Perkasa dihukum untuk membayar uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak yang seluruhnya berjumlah lebih dari Rp580 juta. Selain itu, Antonius dan Hamka juga meminta ganti rugi immaterial sebesar Rp30 juta.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of