Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
278

Diberhentikan Sepihak, PT. AmTrust Digugat Manajernya

Jakarta, BuruhOnline.com – Melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jody Christiani Ranti menggugat PT. AmTrust Mobile Solutions Indonesia, akibat diberhentikan secara sepihak pada Desember 2018. Sebagai Manajer IT, Jody yang pernah mendapatkan reward pada bulan Maret 2018, tidak lagi diperkenankan masuk bekerja setelah diberikan peringatan tertulis.

Karena tak terima, Jody melaporkan tindakan Perusahaan ke Dinas Tenaga Kerja. Ia menilai, PT. AmTrust belum dapat memutuskan hubungan kerja dirinya sebelum ada putusan dari pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. “Dalam perjalanan bulan Oktober, dia bekerja seperti biasa. Tapi pada bulan Desember 2018 dikeluarkannya surat pemecatan sepihak,” ujar Hery Manuputty selaku kuasa hukum Jody, Rabu (6/11/2019).

Usai menghadiri persidangan, Hery juga mengungkapkan pihaknya telah berupaya untuk menyelesaikan secara musyawarah maupun melalui perantaraan Dinas Tenaga Kerja. Namun, menurutnya, Disnaker hanya menganjurkan pemberian uang pesangon yang tidak sesuai dengan tuntutan Jody. Dalam surat gugatannya yang didaftarkan pada 25 Oktober lalu itu, ia meminta Majelis Hakim menetapkan besaran uang pesangon, uang pisah, uang cuti, dan tunjangan hari raya.

“Ada sekian yang diwajibkan (kepada) Perusahaan untuk membayar sejumlah pesangon, kurang lebih ada sekitar Rp170 juta. Dan itupun masih jauh dari gugatan sekarang,” urai Jody. Ia yang baru ditetapkan sebagai Pekerja tetap pada 30 Nopember 2017, juga menuntut diberikan gaji berjalan sejak 17 Juli 2019 sebesar Rp950 ribu setiap harinya.

Hakim M. Djoenanidie yang memimpin persidangan, akan kembali menggelar sidang pemeriksaan identitas dari pihak Perusahaan, pada pekan depan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of