Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
285

Dikontrak Setelah Masa Percobaan, Millenium Hotel Digugat

Jakarta, BuruhOnline.com – Uden Sudendi yang bekerja sebagai Executive Chef, tak terima diberhentikan secara sepihak oleh PT. Millenium Sirih Jakarta Hotel, lantaran dirinya saat bekerja telah melalui masa percobaan (training). Sehingga, pemberhentian dirinya yang oleh Perusahaan didasarkan pada selesai masa kontraknya selama dua tahun, haruslah dianggap tidak sah karena bertentangan dengan undang-undang.

Demikian dikatakan Salman Alfarisi selaku kuasa hukum Sudendi, Kamis (31/10/2019). Ia mengatakan, pemberlakuan masa percobaan bagi pekerja yang diperjanjikan kontrak (waktu tertentu), tidaklah tepat. Sebab, masa percobaan hanya diterapkan bagi pekerja yang berstatus tetap. Sehingga, menurut Salman, dengan telah lulusnya masa percobaan yang dijalankan oleh Sudendi, maka hubungan kerja dengan Perusahaan adalah pekerja tetap.

“Jadi principal kita itu, pada awalnya, dijanjikan (bekerja) oleh Perusahaan itu selama dua tahun. Kemudian sebelum dua tahun tersebut, tiga bulan masa percobaan, setelah melewati lulus masa percobaan itu, malah dikontrak satu tahun,” jelas Salman.

Ia menambahkan, pihaknya dalam surat gugatan yang diregister dalam Perkara Nomor 251/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, meminta kepada Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, untuk memerintahkan PT. Millenium Sirih Jakarta Hotel, mempekerjakan kembali Sudendi ditempat semula.

Selain bekerja kembali, Sudendi juga menuntut Perusahaan untuk membayar upah selama tidak dipekerjakan sejak Desember 2018 hingga Juni 2019, serta tunjangan hari raya yang belum dibayarkan oleh PT. Millenium Sirih Jakarta Hotel. Tak hanya itu, Sudendi juga meminta Majelis Hakim untuk menetapkan besaran uang paksa (dwangsom) kepada Perusahaan, apabila gugatan bekerja kembalinya dikabulkan dan PT. Millenium Sirih Jakarta Hotel tidak mau menjalankannya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of