Minggu, 8 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
165

Dipindahkan ke Perusahaan Lain, Pekerja Minta Mutasi Dibatalkan

Jakarta, BuruhOnline.com – Dianggap bertentangan dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan, Novi Setiawati meminta Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, untuk membatalkan mutasi yang dilakukan oleh PT. Citra Makmur Lestari Motorindo. Dalam tuntutannya, Novi meminta surat keputusan mutasi tidak sah dan batal demi hukum.

Keinginan Perusahaan yang hendak memutasikan Novi ke PT. Thamrin Brother, dinilai Rohman selaku kuasa hukum Novi tidak beralasan. Dalam sidang yang beragendakan saksi bernama Samaun, Perusahaan hanya memiliki dua cabang, yaitu di Pangeran Jayakarta dan Bungur Raya, Jakarta. Rohman mengatakan, PT. Citra Makmur Lestari Motorindo tidak memiliki cabang di luar kota, selain kedua cabang itu.

“Tadi menjelaskan, keterangan bahwa PT. Citra Makmur Lestari Motorindo ini hanya ada dua cabang. Di cabang Pangeran Jayakarta dan di Bungur sini,” jelas Rohman, Kamis (21/11/2019). Ia juga mengatakan, pihaknya pada persidangan sebelumnya telah menyerahkan 16 (enam belas) bukti surat, diantaranya akta pendirian Perusahaan dan slip upah.

Menurut Rohman, dalam slip tersebut, tertera bahwa Novi diberikan upah oleh PT. Citra Makmur Lestari Motorindo, bukan dari PT. Thamrin Brother. “Dari slip gaji itu menerangkan PT. Citra Makmur Lestari Motorindo tidak ada kaitannya dengan PT. Thamrin Brother,” ujarnya. Rohman juga menambahkan, saksi yang dihadirkannya tidak mengetahui jenis dan bidang usaha PT. Thamrin Brother.

Sidang yang teregister dalam Perkara Nomor 319/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, oleh Hakim Taryan Setiawan akan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda penyerahan kesimpulan dari Novi dan Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of