Minggu, 8 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
522

Disuruh Mengundurkan Diri Hingga Ditahan, Pekerja Ajukan Gugatan

Jakarta, BuruhOnline.com – Meskipun kini ditahan oleh pihak Kejaksaan, namun LF melalui kuasa hukumnya, Irwan Hidayat dan Zein Munajat tetap mengajukan gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja sepihak, yang dilakukan oleh PT. Pasifik Agro Sentosa sejak 30 September 2019 lalu. Dalam surat gugatannya, LF menuntut hak-haknya sebagai Pekerja yang tidak lagi diberikan sejak bulan Agustus 2017.

Diantaranya uang rapelan gaji tahun 2016, upah selama 27 bulan, dan uang kompensasi pesangon. Menurut Irwan, Perusahaan pernah menyuruh LF untuk mengundurkan diri dan dijanjikan uang kompensasi hingga Rp100 juta. Namun LF yang mengaku telah bekerja selama enam tahun itu, menolak pemberian kompensasi tersebut. Karena selalu menolak, akhirnya Perusahaan melaporkan LF ke pihak kepolisian dengan tuduhan telah melakukan tindak pidana.

“Awalnya klien kami ini, diminta supaya mengundurkan diri. Tetapi mempertanyakan alasannya kenapa? Dan ia selalu menolak,” ujar Irwan, Senin (18/11/2019) usai menghadiri persidangan yang digelar di ruang sidang Oemar Seno Adji 2, gedung Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Harapan kami supaya Perusahaan tetap membayarkan hak-haknya, sesuai dengan petitum kami dalam gugatan,” tambah Zein. Ia juga mengharapkan adanya perdamaian atas kasus tindak pidana yang dilaporkan oleh Perusahaan. “Kami juga berharap adanya perdamaian terkait dengan pelaporan tindak pidananya,” kata Zein.

Hakim Duta Baskara yang memimpin persidangan dengan registerasi Perkara Nomor 316/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, menunda sidang hingga pekan depan dengan agenda penyerahan replik dari pihak Pekerja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of