Minggu, 31 Mei 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
634

Hat-Trick Surat Peringatan Hingga PHK Dalam Sebulan, Pekerja Ajukan Gugatan

Bandung, BuruhOnline.com – Deni Tazul Arifin melalui kuasa hukumnya, Jhon Kenedi hadir dalam sidang yang digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung. Menurut Jhon, Deni tidak lagi diperkenankan bekerja oleh PT. Elangperdana Tyre Industry sejak 19 Maret 2019. Alasannya, Deni dianggap telah menerima surat peringatan ketiga, dan kembali melakukan pelanggaran disiplin.

Usai persidangan yang beragendakan penyerahan replik dari Deni selaku Penggugat itu, Jhon mengatakan Surat Peringatan (SP) kesatu dan ketiga, diberikan pada tanggal 10 dan 13 Maret 2019. Ia menjelaskan, alasan Perusahaan memutuskan hubungan kerja Deni karena diduga telah melakukan penghasutan. Tetapi, lanjut Jhon, tuduhan yang merupakan kualifikasi tindak pidana tersebut, haruslah dibuktikan terlebih dahulu melalui putusan pengadilan.

“Tanggal 10 dia diberikan SP satu, tanggal 13 dia diberikan SP tiga. Tanggal 19 dia di-PHK,” tutur Jhon, Rabu (30/10/2019) menceritakan pemberian surat peringatan hingga pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan PT. Elangperdana Tyre Industry di bulan Maret 2019. “Menurut kami PHK-nya belum terjadi, belum sah secara hukum,” ujarnya.

Deni dinilai telah menghasut kawan-kawannya untuk meminta Perusahaan segera melakukan penilaian kinerja karyawan tahunan, yang biasanya dilakukan pada bulan Januari. “Ada ketidakpuasan karyawan, terhadap penilaian prestasi kerja karyawan setiap tahun,” terang Jhon. Padahal yang dilakukan Deni merupakan upaya penyampaian aspiratif dari para karyawan, yang berpengaruh terhadap produktifitas dan efektifitas setiap Pekerja.

Karena tak merasa melakukan kesalahan atau pelanggaran, Deni melalui Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Suwanto, meminta agar PT. Elangperdana Tyre Industry dihukum untuk mempekerjakan kembali Deni pada posisi semula, dan memerintahkan Perusahaan untuk membayar upahnya selama tidak dipekerjakan.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] telah diberitakan sebelumnya, Deni tidak lagi diperkenankan bekerja oleh PT. Elangperdana Tyre Industry sejak 19 […]