Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
409

Ketika Juru Masak Dipindahkan ke Security, Disnaker Anjurkan PHK

Jakarta, BuruhOnline.com – Dalam anjurannya, Dinas Tenaga Kerja menyarankan kepada Hari Novinato dan PT. Kemang Icon untuk dapat mengakhiri hubungan kerja keduanya dengan kompensasi pembayaran uang pesangon dengan dua kali ketentuan yang diatur dalam undang-undang. Lantaran, Peraturan Perusahaan yang menjadi dasar penempatan Hari dari juru masak menjadi security, telah tidak berlaku.

Demikian dikatakan C. Supiandi selaku kuasa hukum Hari, Rabu (30/10/2019) usai menghadiri sidang yang beragendakan pemeriksaan identitas para pihak. Ia juga menceritakan, bahwa Hari yang telah bekerja selama 13 tahun, diakhiri hubungan kerjanya oleh PT. Kemang Icon sejak 5 Juli 2018. Alasannya, karena Hari tidak mengikuti perintah penempatan dirinya menjadi security pada 7 Nopember 2017 lalu.

“Diberhentikannya sejak Nopember. Dengan alasan tidak menjalankan perintah, tidak melaksanakan demosi tadi. Tidak bertugas di security,” ujar Supiandi. Sidang yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie tersebut, akhirnya ditunda hingga pekan depan. Karena Pihak PT. Kemang Icon tidak hadir dalam sidang perdana tersebut.

Dalam surat gugatannya, Hari meminta Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, untuk menghukum Perusahaan membayar uang kompensasi pemutusan hubungan kerja berupa uang pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak. Serta ia juga menuntut agar Perusahaan menerbitkan surat pengalaman bekerja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of