Sabtu, 7 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
248

Kontrak Kerja Diawali Masa Percobaan, Klinik Kecantikan Digugat

Jakarta, BuruhOnline.com – PT. Fedora Athalia digugat Henma Saor Sinaga ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, karena dianggap telah mensyaratkan masa percobaan selama 6 (enam) bulan, terhitung 15 Oktober 2012 hingga 14 April 2013. Padahal, undang-undang ketenagakerjaan telah mengatur lamanya masa percobaan hanya tiga bulan.

Terhadap pelanggaran tersebut, Henma yang diwakili kuasa hukumnya, Henry Vazero Sibuea menilai perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak kerja) yang dibuat oleh Perusahaan klinik kecantikan itu, bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan. Sehingga menurutnya, hubungan kerja antara Henma yang bekerja sebagai perawat, dengan PT. Fedora Athalia haruslah ditetapkan sebagai pekerja permanent terhitung sejak adanya hubungan kerja.

“Ada PKWT diberikan, hanya ada probation (masa percobaan) enam bulan. Sementara kalau kita tahu, perjanjian untuk waktu tertentu nggak boleh ada probation. Nah ini dikasih probation enam bulan,” ujar Henry, Kamis (21/11/2019). Ia juga menambahkan, Perusahaan telah meminta Henma untuk mengundurkan diri, akibat pernah adanya perselisihan antara Henma dengan salah seorang rekan kerjanya.

Terhadap hal tersebut, Henry menganggap sudah adanya iktikad dari PT. Fedora Athalia, yang tidak lagi menghendaki adanya hubungan kerja dengan Henma. “Sejak saat itu, kami dipaksa untuk mengundurkan diri. Ya, makanya ini kita sedang menguji-kan? Itu bisa nggak sebagai alasan kami untuk minta PHK,” terang Henry usai menghadiri persidangan yang beragendakan penyerahan bukti surat dari Perusahaan.

Selain menuntut status hubungan kerjanya menjadi pekerja tetap, Henma juga meminta kepada Majelis Hakim agar menghukum PT. Fedora Athalia membayar uang pesangon karena telah bekerja selama 6 tahun lebih, kurang bayar upah minimum, upah selama tidak dipekerjakan dan pernyataan sita jaminan atas alat perlengkapan kantor yang terletak di Jalan Rajawali Selatan, Jakarta Pusat.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] telah diberitakan sebelumnya, PT. Fedora Athalia digugat Henma karena dianggap telah mensyaratkan masa percobaan […]