Sabtu, 7 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
315

Lima Kali Dikontrak, PT. Kahoindah Citra Garment Dianggap Wajib Bayar Pesangon

Jakarta, BuruhOnline.com – Dinilai belum memenuhi kewajibannya untuk membayar uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak, PT. Kahoindah Citra Garment digugat ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat oleh Devi Hardiyanti. Melalui kuasa hukumnya, Yumana Sagala, Devi menilai perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) yang dibuatnya dengan Perusahaan, bertentangan dengan ketentuan undang-undang ketenagakerjaan.

Pasalnya, PT. Kahoindah Citra Garment dalam memperpanjang perjanjian kontrak sebanyak 5 (lima) kali. Padahal dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, pengusaha hanya dapat memperpanjang dan memperbaharui kontrak sebanyak 1 (satu) kali. Sehingga perjanjian kontrak yang dibuat demi hukum beralih menjadi pekerja tetap, dan pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan Perusahaan, haruslah disertai dengan pembayaran uang kompensasi.

“Pada saat itu-kan sudah kontrak berkali-kali. Sehingga kita mengadakan bipartit, dan hasilnya deadlock. Dan berproses sampai Sudinnaker Jakarta Utara,” ujar Yumana, Kamis (21/11/2019) usai menghadiri persidangan yang dipimpin oleh Hakim Taryan Setiawan. Dikatakannya, Perusahaan juga telah dianjurkan untuk membayar uang pesangon oleh Sudinnakertrans, namun tidak dilaksanakan.

“Setelah mendapatkan surat anjuran itu, saya sampaikan dong kepada Perusahaan. Kita mengadakan rapat, bipartit juga terkait dengan putusan Sudinnaker itu, dan hasilnya itu menolak,” jelas Yumana. Atas penolakan anjuran tersebut, Devi mendaftarkan gugatannya di Kepaniteraan PHI pada 8 Nopember 2019, dengan registerasi Perkara Nomor 354/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst.

Dalam sidang perdana tersebut, Majelis Hakim memeriksa identitas dari kedua belah pihak. Sebelum ditutup, Hakim Taryan menghimbau kepada pihak pekerja dan perusahaan, untuk dapat melakukan perdamaian. Serta memutuskan untuk menunda persidangan hingga pekan depan, dengan agenda jawaban gugatan dari Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of