Sabtu, 7 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
304

Menolak Mutasi, Buruh Citra Motor Mogok Kerja

Jakarta, BuruhOnline.com – Dianggap tak memiliki alasan yang cukup dalam memutasikan pekerjanya ke Lampung dan Palembang, Epi Irawan dan kawan-kawan meminta Perusahaan Citra Motor untuk menghentikan tindakan mutasi tersebut. Karena telah melalui mediasi di Dinas Tenaga Kerja dan tidak menghasilkan kesepakatan apapun. Akhirnya, Rabu (20/11/2019), sebanyak seratusan Pekerja melakukan aksi unjukrasa di depan Perusahaan, di Jl. Bungur Raya, Jakarta.

Epi menyebut, unjukrasa tersebut juga salah satunya dipicu karena ada keinginan Pengusaha yang hendak memindahkan beberapa unit kendaraan roda dua yang masih berada di dalam ruko ke Palembang. Langkah itu terpaksa ditempuh Epi, karena berpotensi merugikan Pekerja dan perselisihan yang telah mereka catatkan di Disnaker belum tercapai kata mufakat.

“Pernah mobil dari Palembang tiba-tiba ingin mengangkut semua aset yang ada disini dan motor-motor akan dibawa ke Palembang,” ujar Epi. Ia menyebut, kasus serupa yang menimpa salah satu Pekerja, juga masih diperiksa di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam dua kali mediasi, Perusahaan telah menawarkan nilai kompensasi pemutusan hubungan kerja, jika Pekerja menolak dimutasikan. “Dia memberikan nilai ke kita, cuma tidak sesuai. Kita diberi uang pisah, perhitungannya seperti kikta mengundurkan diri,” jelas Epi. Dirinya menghimbau kepada Perusahaan, untuk segera menyelesaikan permasalahan yang terjadi, diantaranya memberikan hak-hak Pekerja sesuai dengan undang-undang.

Ketika ditanya upaya lain yang akan ditempuh, Epi mengajukan penyelesaian perselisihannya tersebut dengan Perusahaan melalui jalur pengadilan. “Ya mau gak mau. Memang keadaannya seperti itu, kita jalankan,” tegas Epi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of