Minggu, 8 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
258

Tanpa Didampingi Pengacara, Buruh Ini Hadirkan Arab Saudi Sebagai Saksi

Jakarta, BuruhOnline.com – Dihadapan Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Taryan Setiawan, Johan Mozes Hukom menghadirkan dua orang saksi, bernama Muhammad Arab Saudi dan Sumarso. Keduanya merupakan teman kerja Mozes, saat masih sama-sama bekerja di PT. Mesitechmitra Purnabangun. Menurut Mozes, keduanya memberikan keterangan terkait dengan kinerja dan pelaksanaan kontrak kerja di Perusahaan.

Sebagai pekerja lapangan, keduanya tidak mengetahui adanya kontrak atau perjanjian antar pimpinan perusahaan. Selain itu, mereka juga ditanyakan terkait dengan pernah atau tidaknya meminta pengangkatan status pekerja kontrak menjadi tetap. “Itu ditanyakan, kenapa tidak minta pengangkatan karyawan,” tutur Mozes, Senin (11/11/2019). Terhadap hal tersebut, ia mengatakan, pernah mempertanyakannya kepada atasan masing-masing.

“Apalagi diatas tiga tahun, kami juga mempertanyakan status kami bagaimana? Ini belum ada pengangkatan nih, hanya janji-janji manis itu belum ada. Ya karena kami disodorkan kontrak, ya kami tanda tangan,” jelas Mozes.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, tanpa didampingi kuasa hukum, Mozes yang kesehariannya bekerja sebagai Supervisor Material & Logistic, akhirnya mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Tindakan tersebut dilakukannya, setelah anjuran Dinas Tenaga Kerja tidak dijalankan oleh Perusahaan.

Mozes menuntut Perusahaan agar membayar uang kompensasi pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak, yang seluruhnya sebesar Rp91,8 juta. Ia juga meminta agar Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat yang diketuai oleh Hakim Taryan Setiawan itu, menghukum Perusahaan membayar upah selama tidak lagi mempekerjakan dirinya. Tak hanya itu, Hakim Taryan diminta untuk meletakkan sita jaminan atas sebidang tanah dan bangunan yang terletak di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Marunda, Jakarta Utara, sebagai jaminan apabila gugatan Mozes dikabulkan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of