Sabtu, 7 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
256

Tiga Puluh Tujuh Tahun Mengabdi, Pekerja Dilaporkan Polisi

Jakarta, BuruhOnline.com – Sukimin mengaku dirinya yang telah bekerja di PT. Kerta Gaya Pusaka selama 37 tahun, belum mendapatkan hak-haknya atas pemutusan hubungan kerja secara sepihak yang terjadi sejak Maret 2019 lalu. Justru sebaliknya, Sukimin malah pernah dilaporkan oleh Perusahaan ke Polisi atas dugaan tindak pidana yang tidak pernah dilakukannya.

Sehingga, ia melalui kuasa hukumnya, Bismar Ginting mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Menurutnya, laporan Polisi yang dibuat oleh Perusahaan, tidak pernah dapat dilanjutkan pada tingkat pelimpahan ke penuntut umum karena belum lengkap (P-21). Akhirnya, terhadap laporan tersebut, ada kesepakatan damai.

“Atas laporan Polisi tadi, ada kesepakatan damai, baik-baik. Karena memang hasil audit tidak ada sama sekali, hanya ada audit dari Perusahaan saja,” tutur Bismar, Senin (18/11/2019) seusai menghadiri persidangan. Menurutnya, sepanjang belum ada keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, maka Sukimin tidak dapat dikatakan telah melakukan kesalahan berat yang merupakan tindak pidana.

Dalam surat gugatannya yang diregister dengan Perkara Nomor 324/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, Sukimin meminta agar PT. Kerta Gaya Pusaka dihukum oleh Majelis Hakim yang diketuai Hakim Duta Baskara, untuk memberikan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, uang penggantian hak dan upah selama tidak dipekerjakan. Sidang akan dilanjutkan pada pekan depan, dengan agenda duplik dari Pihak Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of