Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
947

Alasan Tak Berkompeten, Kontrak Pekerja Diputus Sebelum Waktunya

Jakarta, BuruhOnline.com – Anton Wijaya dinilai tak memiliki kompetensi dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh istri dari salah satu Direktur PT. Dargiss Inti Sejahtera, dan berakhir dengan tidak lagi diberikan akses masuk ke Perusahaan. Padahal, Anton telah berusaha menjalankan kewajibannya, namun karena belum sesuai dengan ekspektasi, Anton diancam akan dikurangi upahnya sebesar 30% dan dikalungkan tulisan ‘I am Not Competent’.

“Ada permintaan dari salah satu istri dari Owner, untuk membuat laporan. Penggugat sudah melakukan pekerjaan tersebut, namun belum sesuai dengan yang dinginkan oleh Tergugat. Lalu istri dari Owner ini menyampaikan, kalau begitu kamu akan saya gantung tulisan I’m not competent,” ujar Jandy Luhukay selaku kuasa hukum Anton, Senin (23/12/2019).

Peristiwa yang terjadi pada 4 Maret 2019 itu, sontak ditolak Anton. Sebab, ia akan menanggung malu atas tindakan Perusahaan yang hendak mengalungkan dirinya tulisan tidak memiliki kompetensi. “Penggugat keberatan, bukan masalah potong gajinya. Tetapi ia akan di-bully karena akan ditulis di kertas seperti itu, i’m not competent,” tambah Jandry.

Anton yang tidak lagi dapat memasuki ruang kantor Perusahaan, mengajukan gugatan pemutusan hubungan kerja ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Tindakan tersebut ia lakukan, karena perundingan secara musyawarah maupun mediasi di Dinas Tenaga Kerja Jakarta Utara, tidak mencapai kesepakatan.

“Isi anjuran itu tadi adalah mempekerjakan kembali Penggugat. Perintahnya itu, Tergugat segera memanggil Penggugat,” tutur Jandry. Untuk memperkuat tuntutannya, berupa upah sisa kontraknya yang masih selama 10 (sepuluh) bulan, dan tunjangan hari raya, Anton yang baru bekerja selama 2 bulan sejak 15 Januari 2019 itu, telah mengajukan 19 bukti surat.

Persidangan yang dipimpin oleh Hakim Duta Bskara itu, akan dilanjutkan pada dua pekan depan yang akan datang, dengan agenda sidang mendengarkan keterangan saksi ahli yang akan dihadirkan oleh Pihak PT. Dargiss Inti Sejahtera.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] telah diberitakan sebelumnya, Anton dinilai tak memiliki kompetensi dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan […]