Rabu, 29 Januari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
368

Belum Bayar Hak Pekerja, BUMD Bojonegoro di-Pengadilankan

Surabaya, BuruhOnline.com – PT. Griya Dharma Kusuma yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bojonegoro, digugat ketiga orang Pekerjanya ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya. Dewi Ningsih, Christian Wely Welfreda dan Khoirul Anam merasa masih memiliki hak yang belum dibayarkan oleh Perusahaan yang bergerak pada jasa perhotelan itu.

Menurut ketiganya, di dalam Peraturan Perusahaan terdapat aturan yang memuat kewajiban Perusahaan memberikan uang pesangon bagi Pekerja yang mengundurkan diri. Aturan tersebut dimuat dalam Pasal 22 ayat (1) dan ayat (2). “Nah disitu tertera di PP, kalau karyawan mengundurkan diri itu mendapat pesangon. Sampai sekarang sudah beberapa bulan itu nggak dikasih-kan,” ujar Dewi, Senin (9/12/2019).

Selain pesangon, Dewi juga menuturkan belum dibayarkannya sisa upah dan uang service. Padahal, pihaknya telah berusaha menyelesaikan permasalahan tersebut melalui Dinas Tenaga Kerja, namun tidak berhasil mencapai kesepakatan. “Anjuran dari Disnaker-kan, tidak ada iktikad baik dari PT. Griya Dharma Kusuma, akhirnya sama anjurannya Disnaker dibuatkan rincian uang pesangon itu untuk maju kesini,” tambah Wely usai menghadiri persidangan yang digelar diruang sidang Cakra, gedung PHI Surabaya.

Sedangkan menurut Anam, Perusahaan berdalih sedang dalam kondisi keuangan yang sulit sehingga belum bisa membayarkan uang pesangon mereka. Akan tetapi hal tersebut dibantahnya. “Dengan alasan mereka lagi collaps atau pailit, tapi padahal Perusahaan itu masih berdiri tegak dan masih operasional,” terang Anam. “Dan bisa mengangkat karyawan baru, termasuk GM (General Manager) baru, sales ekesekutif juga baru,” tandas Wely.

Dalam surat gugatan yang diregister dengan Perkara Nomor 98/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Sby tersebut, ketiganya menuntut pembayaran uang pesangon, sisa upah dan uang service sebesar Rp83,5 juta.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of