Sabtu, 7 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
245

Belum Diberi Pesangon Saat Diangkat Komisaris, Bank Digugat

Bandung, BuruhOnline.com – Merasa belum diberikan hak-haknya setelah diangkat menjadi Komisaris, akhirnya Tuan Hengky Erwin Parulian Gultom mengajukan gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung. Dalam surat gugatannya, Hengky meminta agar Majelis Hakim menetapkan besaran uang kompensasi atas pengabdiannya selama masa kerja 6 (enam) tahun di PT. BPR Danasari Persada.

Jonar Suratmo selaku kuasa hukum Hengky, usai persidangan mengatakan pihaknya telah berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut melalui Dinas Tenaga Kerja. Namun upayanya tersebut tidak menghasilkan kesepakatan. Padahal Disnaker telah menyarankan PT. BPR Danasari Persada, untuk mempekerjakan kembali Hengky sebagai Kepala Cabang dan memberikan upah selama tidak dipekerjakan sejak Maret 2019.

“Dia (Perusahaan) harus bayar uang proses dan dipekerjakan kembali ke Kepala Cabang. Tapi tidak (dijalankan),” tutur Suratmo, Rabu (27/11/2019). Ia menjelaskan, seharusnya Pihak PT. BPR Danasari Persada yang mengajukan gugatan ke PHI Bandung, karena tidak menjalankan anjuran Disnaker. Namun karena tidak adanya iktikad untuk mengajukan gugatan, maka Hengky menganggap Perusahaan sudah tidak memiliki keinginan untuk mempertahankan hubungan kerja.

Menurut Suratmo, pihaknya menuntut pembayaran uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak. Dalam petitumnya pada surat gugatan yang teregisterasi dengan Nomor Perkara 268/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg, Hengky meminta penetapan pembayaran upah selama proses sebesar 8 (delapan) bulan. “Ya paling-paling pesangon sesuai Pasal 156 dan upah selama proses,” ujar Suratmo.

Sekedar informasi, persidangan penyelesaian perkara pemutusan hubungan kerja antara Hengky dengan PT. BPR Danasari Persada, yang dipimpin oleh Hakim Pranoto tersebut, baru digelar sebanyak dua kali, dan telah memasuki tahap replik sebagai tanggapan atas jawaban gugatan. Pada pekan depan, tambah Suratmo, persidangan selanjutnya beragendakan penyerahan duplik dari pihak Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of