Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
635

Berdalih Bukan Kewenangan PHI, Kartu Nama Jadi Bukti di Pengadilan

Jakarta, BuruhOnline.com – Yoshio Uchida melalui kuasa hukumnya, Arthur W Sanger membantah dalih Kantor Konsultan Pajak Panorama, yang mengatakan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tidak berwenang memeriksa dan mengadili gugatan yang diajukan Yoshio pada 2 Oktober 2019 lalu itu. Sebab menurut Arthur, antara Yoshio dan KKP Panorama telah menanda-tangani perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak).

“Kalau kita jelas, bahwa itu udah ada PKWT yang ditanda-tangani bersama dan itu sudah memenuhi syarat PKWT sesuai dengan undang-undang,” tandas Arthur, Senin (23/12/2019) seusai menghadiri sidang yang dipimpin oleh Hakim Duta Baskara di ruang sidang Oemar Seno Adji 2, gedung PHI Jakarta Pusat. Perjanjian kerja tersebut, menurut Arthur, mempunyai akibat hukum jika tidak dilaksanakan hingga batas akhir waktu yang telah disepakati.

Atas dasar itulah, KKP Panorama digugat untuk membayar sisa upah kontrak selama 10 (sepuluh) bulan. Dikatakan Arthur pada persidangan sebelumnya, Yoshio memiliki hak untuk tetap mendapatkan sisa upah yang harus diberikan, serta penggantian biaya transportasi saat dirinya diundang bekerja. Sebab, lanjutnya, perjanjian kerja kontrak yang telah ditanda-tangani, mengatur batas waktu perjanjian selama satu tahun. Akan tetapi, Yoshio yang baru dua bulan bekerja sudah tidak lagi dibayarkan upahnya.

Dalam sidang kali ini, Arthur mengaku sudah menyampaikan sejumlah bukti surat. “Kalau dari kita sih ada beberapa. Kita sudah ajukan PKWT, email untuk panggilan dari Jepang kesini. Itu udah kita sampaikan. Bahkan kartu nama yang dibuat sama Tergugat-pun kita sampaikan,” jelasnya. Seperti telah diberitakan, Yoshio yang dalam surat gugatannya Nomor 313/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, meminta agar Kantor Konsultan Pajak Panorama dihukum untuk membayar sisa upahnya sebesar Rp250 juta sebagai ganti rugi pengakhiran kontrak sepihak.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Barkah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Barkah
Guest
Barkah

Apakah pihak Penggugat adalah TKA? Jika YA, so pasti hubungan kerjanya PKWT.
Nekat juga tuh pihak perusahaan kalau sampai tidak berkenan membayar ganti rugi sejumlah sisa bulan upahnya.

Antara nekat dan o’on menjadi beda tipis.

Salam,
Barkah