Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
525

Bersendirian, Hukom Menang Melawan Perusahaan

Jakarta, BuruhOnline.com – Bagi Johan Mozes Hukom, setidaknya amar putusan yang dibacakan oleh Hakim Taryan Setiawan telah memberikan semangat hidup baru, setelah dirinya diputuskan hubungan kerja dengan masa kerja selama tujuh tahun lebih itu. Hukom yang tiba-tiba diberikan vacklaring dan tidak lagi diperkenankan masuk bekerja tersebut, tanpa didampingi kuasa hukum menggugat PT. Mesitechmitra Purnabangun ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Mozes menuntut haknya berupa uang kompensasi pesangon, tetapi Perusahaan hanya bersedia memberikan uang pisah. Untuk meyakinkan Majelis Hakim, Mozes mengajukan beberapa bukti surat, diantaranya salinan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) selama ia bekerja di Perusahaan. “Majelis Hakim, keputusannya itu diterima sebagian besar aja. Jadi eksepsi dari Perusahaan itu ditolak, pengajuan dari saya diterima kurang lebih delapan puluh persen,” ujar Hukom, Senin (16/12/2019).

Hakim Taryan menilai tuntutan Hukom dapat dikabulkan sebagian, dan menghukum Perusahaan untuk memberikan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak, yang besarannya lebih dari Rp66 juta. “Ada tiga item saya lupa tapi totalnya itu sekitar enam puluhan sekian,” tandas Hukom usai menghadiri persidangan yang beragendakan pembacaan putusan di ruang sidang Kusuma Admadja 3, gedung PHI Jakarta Pusat. Meski tidak dikabulkan seluruhnya, namun Hukom menerima putusan dengan lapang dada. Ia berharap, Perusahaan dapat menjalankan putusan secara sukarela.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mozes menuntut Perusahaan agar membayar uang kompensasi pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak, yang seluruhnya sebesar Rp91,8 juta. Ia juga meminta agar Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat, menghukum Perusahaan membayar upah selama tidak lagi mempekerjakan dirinya. Tak hanya itu, Hakim Taryan diminta untuk meletakkan sita jaminan atas sebidang tanah dan bangunan yang terletak di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Marunda, Jakarta Utara, sebagai jaminan apabila gugatan Mozes dikabulkan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of