Sabtu, 7 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
220

Mengaku Hubungan Kemitraan Tapi Ada Kontrak Kerja, Kuasa Pekerja: Menyesatkan!!!

Jakarta, BuruhOnline.com – Yosep Hermawan mengaku heran dengan alasan PT. Mesitechmitra Purnabangun, yang menyatakan hubungan kerjanya dengan Muhammad Saudi Arabia dan H. Sumarso sebagai mitra kerja. Padahal dari bukti-bukti yang diajukan Perusahaan pada persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019), terdapat adanya bukti perjanjian kerja kontrak.

“Kalau dari pihak Perusahaan, jawabannya tidak ada hubungan kerja tapi adanya kemitraan. Tapi dari bukti Tergugat (Perusahaan) justru bukan kemitraan, tapi PKWT,” ujar Yosep selaku kuasa hukum Muhammad Saudi Arabia dan H. Sumarso. Ia membantah alasan-alasan tersebut dengan 11 (sebelas) bukti surat yang pihaknya telah serahkan, yakni surat pengalaman kerja, slip gaji hingga Nota Penetapan kekurangan upah dari Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan.

“Kita mengajukan bantahan, bahwa dari Tergugat tadi sangat salah dan menyesatkan. Makanya kita bukti-bukti dari surat vacklaring, terus juga kekurangan upah, dari nota penetapan kekurangan upah-pun udah menjelaskan bahwa ini bukan kemitraan tapi ada hubungan kerja,” terang Yosep.

Dalam surat gugatannya yang diregister kepaniteraan PHI Jakarta Pusat Nomor 287/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, Saudi dan Sumarso meminta agar Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat menetapkan besaran uang pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak. Tak hanya itu, PT. Mesitechmitra Purnabangun juga dituntut untuk membayar upah sejak bulan Januari 2019.

Sebelumnya, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Taryan Setiawan telah menolak eksepsi Perusahaan, yang meminta agar gugatan Saudi dan Sumarso tidak dapat diterima. PT. Mesitechmitra Purnabangun beralasan, PHI Jakarta Pusat tidak berwenang mengadili. Dalam amar putusan sela yang dibacakan pada 21 Nopember lalu itu, Hakim Taryan memerintahkan kepada kedua belah pihak untuk melanjutkan pemeriksaan perkara tersebut.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of