Minggu, 23 Februari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
378

Merugi Jadi Alasan Perusahaan Jasa Keamanan SGS Lakukan PHK Sepihak

Jakarta, BuruhOnline.com – Sebanyak 17 Pekerja PT. Sentinel Garda Semesta (SGS) menjalani sidang perdana di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019). Menurut keterangan Fadhil salah seorang Pekerja yang diputuskan hubungan kerjanya sejak 1 Juli 2019 lalu itu, alasan Perusahaan dalam memberhentikan seluruh Pekerjanya karena sedang merugi.

“Alasannya karena merugi. Cuma belum ada ketetapan dari pemerintah, syarat-syarat merugi itu apa sih? Belum ada ketetapan hukum merugi atau pailit,” terang Fadhil usai menghadiri persidangan. Ia mengatakan, alasan merugi Perusahaan belum dapat dibuktikan, baik melalui hasil audit akuntan publik maupun putusan pailit dari Pengadilan Niaga.

Sebelum mengajukan gugatan, Fadhil dan kawan-kawan telah berusaha untuk menyelesaikan permasalahan pengakhiran hubungan kerja dengan Perusahaan Jasa Keamanan SGS itu melalui musyawarah, hingga di mediasikan oleh Dinas Tenaga Kerja. Namun anjuran Disnaker yang menyarankan agar Perusahaan membayar uang pesangon sebesar dua kali ketentuan undang-undang, tidak dijalankan PT. Sentinel Garda Semesta.

“Intinya kalau dari Disnaker, memberikan hak (untuk) mengabulkan tuntutan kita, pesangon dua kali ketentuan,” ujar Fadhil yang didampingi kedua kuasa hukumnya. Ia mengaku kecewa atas tindakan Perusahaan yang memberhentikan Pekerjanya tanpa pemberian uang kompensasi, padahal masa kerja mereka sudah belasan tahun. “(Berharap) tuntutan kita dikabulkan karena masa kerja kita rata-rata sudah sembilan belas tahun, yang menurut kami, ya hak kami harus diberikan,” tandasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of