Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
521

Meski Masih Berproses Hukum, Pengusaha Tetap Putuskan Mutasi

Bandung, BuruhOnline.com – Sidang lanjutan dalam perkara perselisihan hubungan industrial yang didaftarkan Didi Suhendar, kembali digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung. Dalam jawaban gugatannya, PT. Roxy Prameswari tetap bersikukuh kepada keputusannya yang memutasikan Didi selaku seorang sopir dari Cibitung, Bekasi ke Bandar Lampung, Sumatera Selatan.

“Pihak Perusahaan tetap menyatakan kalau Didi itu (harus) bekerja di Bandar Lampung. Padahal proses status Didi itu masih dalam perselisihan,” ujar Ma’mun selaku kuasa hukum Didi, Rabu (18/12/2019) usai menghadiri persidangan yang digelar diruang sidang Wirjono Prodjodikoro, gedung PHI Bandung.

Terhadap keputusan tersebut, Ma’mun mengaku pihaknya sudah mengajukan 26 bukti surat, diantaranya permohonan musyawarah, surat keputusan mutasi, surat keputusan penetapan karyawan, dan juga anjuran dari Dinas Tenaga Kerja. Dalam anjurannya, Disnaker meminta PT. Roxy Prameswari untuk membatalkan maksud mutasi, dan mempekerjakan kembali Didi Suhendar ditempat semula.

Seperti telah diberitakan, meskipun mutasi merupakan hak prerogatif Perusahaan, tetapi penerapannya bukanlah berarti sekehendak hati sehingga menghilangkan alasan-alasan logis yang dapat dipahami oleh akal sehat. Betapa tidak masuk akal, Didi Suhendar yang kesehariannya bekerja di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat lalu hendak dipindahkan ke Sumatera Selatan. Tindakan tersebut, tidaklah dapat diterima Didi.

Sekedar informasi, Didi dalam surat gugatannya meminta kepada Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Suwanto, untuk membatalkan keputusan mutasi PT. Roxy Prameswari Nomor 032/RP-VIII/HRD/2018 tanggal 20 Agustus 2018. Dan menghukum Perusahaan untuk mempekerjakan kembali dirinya ditempat semula, dengan segala kewajiban pembayaran upah yang sudah tidak lagi dibayarkan sejak September 2018.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of