Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
853

Mutasi Dinyatakan Sah, Hakim Tetapkan PHK & Pesangon

Jakarta, BuruhOnline.com – Hakim Taryan Setiawan menyatakan hubungan kerja antara Novi Setiawati dengan PT. Citra Makmur Lestari Motorindo, putus terhitung sejak putusan dibacakan, Kamis (19/12/2019). Novi dianggap menolak perintah mutasi yang oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, sah dan tidak bertentangan dengan undang-undang.

Atas pertimbangan tersebut, tuntutan Novi yang tetap meminta agar dapat dipekerjakan kembali, tidaklah dapat dikabulkan. Dan terhadap putusnya hubungan kerja keduanya, PHI Jakarta Pusat menetapkan besaran uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak yang seluruhnya sebesar Rp79 juta. “Menyatakan putus hubungan kerja antara Penggugat dengan Tergugat terhitung sejak putusan ini diucapkan,” ujar Hakim Taryan.

Menanggapi putusan itu, Solahudin Kamal selaku kuasa hukum Novi, mengaku kecewa. Ia mengatakan, akan menunggu tanggapan dari pihak PT. Citra Makmur Lestari Motorindo. “Kemungkinan kita tetap menunggu, apakah dia (Perusahaan) kasasi atau tidak. Kalau dia kasasi, pasti-kan kita menunggu hasil kasasi,” ungkapnya.

Selain uang kompensasi pesangon, lebih lanjut Solahudin menambahkan, Novi juga diputuskan berhak memperoleh upah selama tidak dipekerjakan sebesar 5 (lima) bulan upah. “Dan uang dalam proses kurang lebih lima bulan,” katanya. Tetapi ia menegaskan, bahwa putusan tersebut belum tentu dapat diterima oleh Perusahaan. Sebab, Novi dianggap oleh PT. Citra Makmur Lestari Motorindo telah dikualifikasi mengundurkan diri.

Dalam surat gugatannya, Novi meminta PHI Jakarta Pusat untuk membatalkan surat mutasi karena dianggap bertentangan dengan Pasal 32 Undang-Undang Ketenagakerjaan. Karena rencananya, Novi dimutasikan ke daerah lain dengan badan usaha yang bukanlah bagian dari PT. Citra Makmur Lestari Motorindo.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Barkah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Barkah
Guest
Barkah

Prediksi saya, perusahaan akan mengajukan kasasi terhadap putusan PHI. Wait and see.

Salam,
Barkah