Kamis, 2 Juli 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
585

Pekerja: Lega Banget!!! Hakim Pertahankan Putusan Verstek

Jakarta, BuruhOnline.com – Meski diajukan perlawanan (verzet) atas putusan yang dijatuhkan tanpa kehadiran PT. Kreasi Meluas (verstek), namun akhirnya Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Duta Baskara, menyatakan Perusahaan bukanlah pelawan yang benar. Sehingga, Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang telah menetapkan pembayaran uang pesangon sebesar Rp191,6 juta, haruslah dipertahankan.

“Alhamdulillah, lega banget. Putusan yang telah dibacakan Hakim adalah mempertahankan putusan verstek tertanggal 29 Agustus 2019. Dan tetap menghukum Pelawan atau Tergugat sesuai dengan putusan tersebut,” ujar Deni Harsono yang tanpa didampingi kuasa hukum, Senin (23/12/2019). Ia mengaku, komunikasi terakhir dengan PT. Kreasi Meluas ketika dirinya mengirimkan surat elektronik yang menginformasikan putusan pengadilan.

“Terakhir saya berkomunikasi dengan Perusahaan adalah saat putusan verstek tanggal 29 Agustus 2019 tersebut, saya mengirimkan e-mail ke pihak Perusahaan, kalau Pengadilan memutuskan saya harus menerima hak-hak saya. Tapi sampai saat ini tidak pernah ada balasan dari pihak Perusahaan. Malah adanya sidang perlawanan ini,” tandas Deni. Ia mengatakan, pihaknya akan menunggu iktikad baik dari pihak Perusahaan untuk melaksanakan putusan tersebut.

Seperti telah diberitakan, PT. Kreasi Meluas melakukan perlawanan (verzet) atas Putusan PHI Jakarta Pusat, yang menghukumnya untuk membayar uang pesangon. Upaya hukum tersebut, diperbolehkan oleh Pasal 129 ayat (2) HIR. Apabila pihak Tergugat tidak pernah hadir dalam persidangan tingkat pertama, Hakim dapat menjatuhkan putusan dengan verstek. Akan tetapi, PT. Kreasi Meluas keberatan dengan putusan itu, karena dianggap Deni Harsono telah melakukan beberapa tindakan disiplin.

Dalam catatan kehadiran di PHI Jakarta Pusat, Perusahaan memang telah dipanggil sebanyak enam kali pada persidangan awal, yaitu pada tanggal 17 Juni, 24 Juni, 01 Juli, 08 Juli, 15 Juli dan 22 Juli 2019. Namun hingga pengucapan putusan pada 26 Agustus, PT. Kreasi Meluas tidak mengutus perwakilannya untuk menghadiri persidangan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of