Rabu, 29 Januari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
454

Pengalihan Blok Migas PetroChina ke Pertamina, Lahirkan Gugatan Status Pekerja

Surabaya, BuruhOnline.com – Bekerja kembali menjadi tuntutan Andari Firdaus dan kawan-kawan (8 orang) terhadap PT. Pertamina EP. Sebab, tindakan pemutusan hubungan kerja dengan alasan masa perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) telah berakhir, tidak sah dan batal demi hukum. Demikian dikatakan Kustoyo selaku kuasa hukum Andari, usai menghadiri persidangan yang digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (9/12/2019).

Menurut Kustoyo, pada mulanya para pekerja yang telah bekerja selama bertahun-tahun itu, dipindahkan dari PT. PetroChina International Ltd ke PT. Pertamina EP. Saat dipindahkan pada 20 Mei 2018, Andari juga diminta menandatangani perjanjian kerja kontrak. Karena tak mengetahui akibat hukum dari perjanjian tersebut, Andari dan kawan-kawan yang membutuhkan pekerjaan itu, akhirnya menyepakati peralihan hubungan kerja dengan status pekerja kontrak.

“Karyawan yang dari PetroChina itu dipindahkan ke Pertamina EP. Pada saat perpindahan itu, banyak terjadi ketidak-transparanan. Sehingga akhirnya pada saat perpindahan kelola itu, ada beberapa karyawan yang awalnya pagawai tetap di PetroChina, pada saat dialihkan ke Pertamina EP, dia itu di PKWT-kan,” ujar Kustoyo.

Sebelum mengajukan gugatan ke PHI, Andari dan kawan-kawan telah berusaha menyelesaikan permasalahan pemutusan hubungan kerja tersebut ke Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban. Namun hingga diterbitkannya anjuran yang mempekerjakan kembali Andari terbit, PT. Pertamina EP tetap tidak memanggil mereka bekerja kembali.

Sebagai informasi, Pemerintah menunjuk Pertamina untuk mengelola delapan blok-blok migas terminasi tahun 2018. Blok minyak dan gas (migas) yang semula dikelola oleh PetroChina International Ltd itu akan habis masa kontraknya atau terminasi pada Februari 2023. Namun seharusnya pengalihan tersebut, tidak merugikan para pekerja yang secara ekonomi berada pada posisi yang harus dilindungi oleh negara. Bukan dengan segala rupa, berupaya mengebiri hak-haknya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of