Sabtu, 7 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
193

Pengusaha Tak Bisa Buktikan Anggapan Pekerja Telah Mengundurkan Diri

Jakarta, BuruhOnline.com – Sidang lanjutan dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja, antara Henma Saor Sinaga melawan PT. Fedora Athalia, kembali digelar Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019). Dalam persidangan yang beragenda mendengarkan keterangan saksi tersebut, Henry Vazero Sibuea selaku kuasa hukum Henma, justru menganggap keterangan saksi dari Perusahaan telah menguntungkan pihaknya.

“Dari keterangan saksi Tergugat, dia menyatakan bahwa Penggugat telah menyerahkan surat pengunduran diri. Hanya kapan diserahkan, ada nggak buktinya, dia nggak punya,” terang Henry usai menghadiri persidangan yang dipimpin oleh Hakim Taryan Setiawan. Saksi juga mengatakan, bahwa di Perusahaan ada Standar Operasional Prosedur penyerahan surat, yang diantaranya harus ada bukti tanda terima.

“Dia menyatakan bahwa SOP pengunduran itu adalah begitu diserahkan, harus ada surat tanda terima dari yang mengajukan resign dan penerimanya. Itu dia nggak punya,” tambah Henry. Dengan tidak adanya fakta hukum tersebut, menurutnya, pihak Perusahaan tidak mempunyai alasan untuk mengkualifikasikan pemutusan hubungan kerja dengan alasan mengundurkan diri. “Ini-kan patut diduga bahwa kami sebenarnya nggak pernah mengajukan surat pengunduran diri, karena tanda terimanya nggak punya,” tandasnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, PT. Fedora Athalia digugat Henma karena dianggap telah mensyaratkan masa percobaan selama 6 (enam) bulan, terhitung 15 Oktober 2012 hingga 14 April 2013. Padahal, undang-undang ketenagakerjaan telah mengatur lamanya masa percobaan hanya tiga bulan.

Terhadap pelanggaran tersebut, Henma menilai perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak kerja) yang dibuat oleh Perusahaan klinik kecantikan itu, bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan. Sehingga menurutnya, hubungan kerja antara Henma yang bekerja sebagai perawat, dengan PT. Fedora Athalia haruslah ditetapkan sebagai pekerja permanent terhitung sejak adanya hubungan kerja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of