Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
1.065

Perusahaan Beri Surat Peringatan Karena Pekerja Keluar Dari Group WhatsApp

Bandung, BuruhOnline.com – Surat peringatan yang diberikan oleh PT. Elangperdana Tyre Industry dinilai Jhon Kenedi selaku kuasa hukum Deni Tazul Arifin, tidak layak diberikan. Lantaran tindakan Deni yang keluar dari group WhatsApp, tidaklah termasuk sebagai sebuah pelanggaran yang telah diatur dalam ketentuan perundang-undangan atau perjanjian kerja bersama yang berlaku.

“Menurut kami, SP satu, itu-kan dia (Pekerja) pelanggaran keluar dari group WhatsApp, menurut kami belum diatur dalam PKB. Jadi gak ada dasar dong diberi SP satu, kalau orang keluar dari group WhatsApp,” jelas Jhon, Rabu (4/12/2019) usai menghadiri sidang yang beragendakan penyerahan bukti surat itu.

Jhon mengatakan, di dalam perjanjian kerja bersama telah diatur mekanisme pemberian surat peringatan. Dikatakannya, perintah untuk masuk dalam group WhatsApp itu bukanlah sebagai perintah kerja, sehingga tidak dapat digolongkan sebagai pelanggaran disiplin. “Menurut kami, perintah kerja masuk group WhatsApp, itu bukan merupakan perintah kerja. Perintah pribadi pimpinan,” tandasnya.

Terhadap hal tersebut, Jhon mengaku telah menyerahkan bukti chat antara Deni dengan atasannya yang menyebabkan pemberian surat peringatan. “Ada chat WhatsApp antara atasan dan bawahan, yang dijadikan dasar untuk dianggap bahwa tidak melaksanakan perintah kerja. Di chat itu perintahnya adalah perintah masuk group WhatsApp,” ungkap Jhon.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Deni tidak lagi diperkenankan bekerja oleh PT. Elangperdana Tyre Industry sejak 19 Maret 2019. Alasannya, Deni dianggap telah menerima Surat Peringatan (SP) kesatu dan ketiga, diberikan pada tanggal 10 dan 13 Maret 2019, serta kembali melakukan pelanggaran disiplin. Alasan Perusahaan memutuskan hubungan kerja Deni karena diduga telah melakukan penghasutan. Tetapi, tuduhan yang merupakan kualifikasi tindak pidana tersebut, haruslah dibuktikan terlebih dahulu melalui putusan pengadilan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of