Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
655

Perusahaan ‘Keukeuh’ Anggap Jaminan Pensiun Bagian Dari Pesangon

Jakarta, BuruhOnline.com­ – PT. Pitagiri Raya Sejahtera meminta Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, untuk menolak gugatan Sugiyono. Karena perhitungan besaran manfaat dari iuran jaminan pensiun yang telah dibayarkan oleh Perusahaan, juga harus dianggap menjadi bagian yang diperhitungkan dengan besaran uang pesangon, akibat pengakhiran hubungan kerja dengan kualifikasi usia pensiun.

Atas alasan tersebut, Sugiyono melalui kuasa hukumnya Hendricus Eventius membantahnya. Sebab menurutnya, Perusahaan dalam mengikutsertakan Sugiyono ke dalam program jaminan sosial sejak masih berbadan PT. Jamsostek, yang belum memiliki program jaminan pensiun. Hendricus mengatakan, upah Sugiyono yang dipotong untuk pembayaran iuran jaminan sosial, hanyalah dua persen setiap bulannya.

“Dari ketujuh bukti itu, yang paling menguatkan itu adalah iuran jamsostek. Untuk penggugat sendiri dipotong dua persen,” ujar Hendricus, Senin (16/12/2019). Dalam sidang yang beragendakan penyerahan bukti surat itu, Hendricus mengaku telah menyerahkan tujuh bukti surat ke hadapan Majelis Hakim Taryan Setiawan. Diantaranya kartu pengenal karyawan, peraturan perusahaan, bukti potong iuran jamsostek, dan perjanjian kerja.

Seperti telah diberitakan, Sugiyono menuntut pemberian uang pesangon pensiun haruslah didasarkan pada besaran upah minimum sektor pariwisata, dan meminta Majelis Hakim untuk menetapkan besaran uang paksa (dwangsom) sebesar Rp1 juta perhari, apabila gugatan pesangonnya dikabulkan.

Ketentuan terhadap perhitungan besaran uang pesangon karena pengakhiran hubungan kerja yang didasarkan pada pensiun, diatur dalam Pasal 167 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Pada aturan tersebut, juga ada yang menyatakan, bahwa apabila pengusaha telah mengikutsertakan pekerjanya ke dalam program pensiun yang iuran dibayar oleh pengusaha dan pekerja, maka yang diperhitungkan dengan uang pesangon yakni uang pensiun yang iurannya dibayar oleh pengusaha.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of