Kamis, 9 Juli 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
482

Tetap Berhentikan Pekerja, Putusan Pengadilan Atas Perubahan Status ‘Dicuekin’

Jakarta, BuruhOnline.com – Dalam jawaban gugatannya, Koperasi Karyawan Air Timur Jakarta mendalilkan pihaknya dalam memberhentikan Nana Sumarna dan kawan-kawan (16 orang), karena berakhirnya perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak). Padahal status hubungan kerja waktu tertentu yang diadakan oleh pihak Kopkar ATJ telah dinyatakan bertentangan dengan undang-undang oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Ada kesalahan prosedur sih, ada pelanggaran soal tidak patuhnya pengurus koperasi karyawan menjalankan perusahaannya dengan kontrak kerja yang melebihi sampai dua, tiga kali,” ujar Aposan Sinaga selaku kuasa hukum dari Nana dan kawan-kawan, Senin (2/12/2019). Menurutnya, perjanjian kerja kontrak yang diberlakukan Perusahaan sudah berlangsung sejak Nana bekerja pada 11 tahun yang lalu.

Pada persidangan yang digelar PHI Jakarta Pusat, Aposan mengaku pihaknya sudah mengajukan 158 bukti surat ke hadapan majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Taryan Setiawan. Diantaranya berupa putusan pengadilan, kontrak kerja, surat penugasan dan lainnya. “Seperti kayak putusan-putusan PHI sebelumnya, lalu ada kontrak-kontrak kerja, lalu ada surat tugas, ada surat keterangan kerja, dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, pihak Kopkar ATJ bukannya menjalankan putusan pengadilan, justru malah memberhentikan Nana dan kawan-kawan. Ia telah berupaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui Dinas Tenaga Kerja. Namun karena tidak mencapai kesepakatan, maka Disnaker menganjurkan bekerja kembali dan agar Kopkar ATJ membayar hak-hak Nana Sumarna dan kawan-kawan.

Atas pemberhentian secara sepihak yang dilakukan pihak Kopkar ATJ, Nana dan kawan-kawan melalui Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat menuntut dipekerjakan kembali, serta membayar upah selama tidak dipekerjakan sejak diberhentikan pada April 2018. Tak hanya itu, pihak Kopkar juga diminta untuk dihukum membayar kerugian imateriil, dan agar pengadilanb meletakkan sita jaminan terhadap rekening perbankan milik Kopkar ATJ.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of