Rabu, 29 Januari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
640

Upah Tertinggi se-Indonesia, Serikat Pekerja FSPS Gelar Pelatihan Pengupahan

Karawang, BuruhOnline.com – Menyandang peringkat upah tertinggi di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS) menggelar pelatihan pengupahan yang diadakan di Citra Grand Hotel, Karawang, Minggu (1/12/2019). Sebanyak 40-an anggota FSPS yang berasal dari pekerja di beberapa Perusahaan itu, menyimak materi pengupahan berupa sumber ketentuan perundang-undangan, hingga alur penyelesaian apabila terjadi sengketa perundingan.

“Materi yang kita cari untuk menyelesaikan suatu kasus. Misalkan tentang pengupahan, kita harus tau dulu tentang materinya. Pengaturan pengupahan itu dari mana danm sumbernya dari mana itu? Apakah dari SK Gubernur atau mungkin dari peraturan perusahaan dan lain-lain,” ujar Debi Aseptin Agus Sunandar selaku salah seorang pengurus Serikat Pekerja FSPS di PT. JVC Electronics Indonesia.

Menurutnya, penyelenggaraan pelatihan tersebut sangat penting bagi dirinya, khususnya terkait pengaturan pengupahan. Sebab, ia juga perlu memahami tekhnik berunding atas besaran upah bagi pekerja yang bermasa kerja lebih dari 1 (satu) tahun.

“Disini kita dikasih tau juga cara tekhnik berundingnya seperti apa,” ujar Sunandar. Ia menambahkan, dengan mengetahui dasar-dasar pengaturan pengupahan, maka pihaknya dapat menentukan sikap lanjutan atas perundingan besaran upah.

“Dasarnya-kan kita harus tau gitu. Jangan berbicara yang jauh tapi dasarnya kita nggak tahu,” tandas Sunandar. Dirinya juga berpesan, bahwa kegiatan pelatihan pengupahan seharusnya menjadi kebutuhan bagi setiap pekerja, khususnya di Karawang yang besaran upah minimumnya tertinggi seluruh Indonesia.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Charis fauzi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Charis fauzi
Guest
Charis fauzi

Misal dalam perundingan sekala upah tidak ada kesepakatan boleh gk kita mogok kerja