Minggu, 23 Februari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
318

Ada Masa Percobaan Dalam Perjanjian Kontrak, Pekerja Ajukan 32 Bukti

Jakarta, BuruhOnline.com – Benny Sondakh selaku kuasa hukum Trisna Gunawan, mengaku telah memberikan 32 bukti surat ke hadapan Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang dipimpin oleh Hakim Taryan Setiawan, Senin (20/1/2020). Diantaranya bukti rekaman pernyataan pemutusan hubungan kerja secara sepihak yang disampaikan oleh PT. Jurong Engineering Lestari.

“Ini sementara kami serahkan 32 (bukti). Pertama tentang status Penggugat (Pekerja) baru legalitas Perusahaan, baru hak-hak apa saja yang harus diberikan,” ujar Benny. Ia juga mengatakan, hubungan kerja antara Perusahaan dengan Trisna haruslah dinyatakan sebagai perjanjian kerja waktu tidak tertentu (pekerja tetap). Sebab, perjanjian kontrak yang pernah dibuat telah bertentangan dengan hukum, karena memuat pengaturan masa percobaan. Lagipula Trisna telah bekerja selama 8 tahun.

Dikatakannya, Perusahaan menilai gugatan Trisna telah keliru. Karena PT. Jurong Engineering Lestari tidak pernah memutuskan hubungan kerja dengan Trisna. “Bantahannya intinya bahwa Penggugat (Pekerja) salah mengartikan yang sebenarnya tidak ada mecat pemecatan. Tapi sudah kami buktikan adanya rekaman dan yang lain-lainnya itu sudah jelas banget,” jelas Benny.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Trisna Gunawan melalui PHI Jakarta Pusat menggugat PT. Jurong Enginering Lestari, meminta agar pemutusan hubungan kerja terhadap dirinya dinyatakan bertentangan dengan aturan hukum yang berlaku. Pasalnya, Perusahaan beralasan pemberhentian terhadap dirinya karena dugaan pelanggaran berat. Padahal dugaan tersebut tidak dapat dibuktikan oleh Perusahaan, dan juga tidak adanya putusan pengadilan yang menyatakan dirinya bersalah.

Upaya melalui mediasi di Dinas Tenaga Kerja tidak menghasilkan kesepakatan apapun. Sehingga Pegawai Mediator menganjurkan agar Perusahaan mempekerjakan kembali Trisna ditempat semula. “Disnaker ini memberikan solusi yang paling luar biasa. Mempekerjakan kembali tapi tidak juga ditanggapi,” tandas Benny.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of