Selasa, 2 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
496

Akibat Pabrik Tutup, Buruh Datangi Pengadilan Demi Dapatkan Pesangon

Bandung, BuruhOnline.com – Penutupan pabrik yang berujung pada belum didapatkannya hak atas uang pesangon, kembali terjadi di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung. Kali ini, seratusan buruh PT. You Tex menggantungkan harapannya pada palu Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Wasdi Permana.

Asep Sunandar dan kawan-kawan (118 orang) melalui kuasa hukumnya, Mangiring Sibagariang berharap mendapatkan kepastian hukum atas besaran uang kompensasi pemutusan hubungan kerja. Sebab, menurutnya, tiada lagi yang diharapkan selain uang pesangon. “Kami mengajukan gugatan, agar memperoleh kepastian, berapa nilai-nilai yang didapat oleh masing-masing Pekerja,” ujar Mangiring.

Ditegaskannya usai persidangan, Perusahaan mengaku tidak sanggup lagi menjalankan produksinya dan menyatakan tutup. Akan tetapi lanjut Mangiring, semenjak Maret 2019, Perusahaan hampir tidak memiliki iktikad baik untuk membayarkan hak-hak Pekerja sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. “Selama ini sih tidak ada iktikad baik dari Pihak Perusahaan, sehingga kita melayangkan gugatan,” tuturnya.

Dalam surat gugatannya, Asep dan kawan-kawan menegaskan penolakan terhadap tawaran yang ditawarkan Perusahaan, yang hanya sebesar 1 (satu) bulan upah. Dikatakan Mangiring, masa kerja para Pekerja paling sedikit lima tahunan. “Kalau prinsipal ini sudah lama, diatas dari lima tahun. Paling rendah itu masa kerjanya lima tahun satu bulan,” tegasnya.

Tawaran Perusahaan tersebut, dinilai bertentangan dengan undang-undang. Asep juga pada gugatannya menyebut, adanya kewajiban yang harus dibayar oleh PT. You Tex selama merumahkan Pekerja. Tak hanya upah dan pesangon, Asep juga menuntut diletakkannya sita jaminan atas tanah dan bangunan pabrik, beserta dengan seluruh mesin yang ada didalamnya.

Sidang perdana yang seharusnya beragendakan pemeriksaan identitas para pihak tersebut, akhirnya ditunda hingga pekan depan. Untuk memberikan kesempatan kepada pihak PT. You Tex, yang tidak hadir di persidangan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of