Minggu, 31 Mei 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
326

Baru Empat Bulan Bekerja Sudah Diputus, Hotel Arthama Digugat Ganti Rugi

Jakarta, BuruhOnline.com – PT. Arthama Hotel Lestari Jakarta, digugat Brando Hadi September untuk membayar ganti rugi melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Brando menganggap badan usaha dari Hotel Arthama tersebut, telah mengakhiri kontrak kerjanya secara sepihak. Padahal, perjanjian kerja kontrak yang telah disepakati berlaku selama dua tahun sejak 7 Januari 2019, tetapi baru empat bulan bekerja telah diakhiri.

Kuasa hukum Brando, Tunggul Tobing usai persidangan menceritakan awal permasalahan terjadi hanya terkait pengakhiran kontrak sepihak. Menurutnya, Brando tidak berkeberatan jika diakhiri kontrak kerjanya secara sepihak, tetapi dengan disertai pembayaran upah sisa kontrak sebesar dua puluh bulan upah.

“Ini masalah sisa kontrak yang tidak dibayarkan. Karena sesungguhnya kontrak ini 24 bulan, tapi berjalan keempat bulan, tiba-tiba pihak Tergugat tanpa pemberitahuan secara langsung memutuskan hubungan kerja,” tutur Tobing, Senin (27/1/2020). Ia juga mengatakan, pihak Perusahaan pernah menawarkan uang kompensasi, namun ditolak. Karena besarannya tidak sesuai dengan perhitungan sisa kontrak yang telah diwajibkan dalam ketentuan perundang-undangan, jelasnya.

“Kami tetap ya berdalih harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan sebagaimana Pasal 62 (Undang-Undang Ketenagakerjaan) ya. Bahwa hubungan kerjanya jelas, ada PKWT-nya jelas disitu 24 bulan. Tiba-tiba empat bulan diputus. Itukan kita simple aja-lah,” tandas Tobing. Pihaknya juga tengah mempersiapkan bukti surat. Diantaranya anjuran Disnaker, perjanjian kerja, dan bukti pendukung lainnya.

Ia berharap, PT. Arthama Hotel Lestari Jakarta bersedia memenuhi kewajibannya sebelum adanya putusan pengadilan, agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara musyawarah.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of