Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
727

Ketua Serikat Pekerja Diberhentikan Akibat Tolak Mutasi

Jakarta, BuruhOnline.com – Emal Oktovi yang juga sekaligus sebagai Ketua Serikat Pekerja di CV. Trimitra Kencana, terpaksa menuntut tempat bekerjanya tersebut ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Sebab, ia diberhentikan terhitung sejak akhir Agustus 2019, karena dianggap menolak mutasi dari jabatannya sebagai staff menjadi pengawas produksi.

“Dia dimutasi dari bagian staff ke bagian pengawas produksi. Lalu ditolak mutasi tersebut dan Perusahaan membuat surat pemutusan hubungan kerja,” ujar Tri Iswahyudi selaku hukum Emal, Rabu (8/1/2020). Tri mengaku telah berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut di Dinas Tenaga Kerja. Dalam anjurannya, Disnaker menganjurkan, agar CV. Trimitra Kencana memberikan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak sebesar satu kali ketentuan undang-undang.

Atas anjuran tersebut, Emal menolak dan meminta perhitungan uang pesangon dua kali ketentuan. “Anjurannya Disnaker, satu kali ketentuan. Gugatan di PHI, dua kali ketentuan dengan upah proses dan sisa cuti yang belum terbayarkan,” ujar Tri. Sedangkan Perusahaan hanya ingin membayarkan sisa gaji Emal yang sudah bekerja selama tujuh tahun itu, sebesar Rp1,7 juta.

Dalam surat gugatannya yang diregisterasi dengan Perkara Nomor 398/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst tersebut, Emal mengajukan tuntutan provisi, yakni meminta agar Perusahaan dihukum membayar upahnya selama tidak dipekerjakan terhitung sejak bulan September 2019.

Majelis Hakim yang deipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie itu, menunda persidangan hingga pekan depan, untuk memberikan kesempatan kepada pihak pekerja mengajukan replik atas jawaban gugatan Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of