Minggu, 31 Mei 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
420

Kinerja Jadi Alasan Perusahaan Suruh Pekerja Mengundurkan Diri

Bandung, BuruhOnline.com – Tak terima dengan tindakan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh PT. Nusantara Jaya Sentosa pada 3 Maret 2019, Dadi Sunardi melalui kuasa hukumnya mengajukan upaya hukum ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung. Dadi tidak bersedia jika dirinya dianggap telah mengundurkan diri atas kemauan diri sendiri. Sebab, kala itu Perusahaan yang menyuruhnya untuk membuat pernyataan pengundurkan diri.

“Dan harus secara ksatria mengundurkan diri. Dan Perusahaan sudah menyatakan bahwa si Penggugat ini mengundurkan diri,” ujar Yogi Fajar Suprayogi selaku kuasa hukum Dadi, Rabu (22/01/2020). Ia mengatakan, PT. Nusantara Jaya Sentosa beralasan Dadi yang telah bekerja selama 15 tahun, mengalami penurunan kinerja. Sehingga sejak Februari 2019, Dadi tidak lagi dibayarkan upahnya.

“Alasannya karena kinerjanya mulai menurun. Jadi produktifitasnya dalam periode di Desember itu, tidak produktif,” terang Yogi. Atas penurunan kinerja tersebut, Perusahaan menganggap Dadi telah mengundurkan diri sesuai dengan surat pernyataan yang pernah dibuatnya. Hal itu dibantah oleh Yogi, karena ternyata disisi lain, Perusahaan justru meminta kepada Pengadilan, agar memerintahkan Dadi bekerja kembali.

“Di dalam posita mereka menyatakan bahwa si Penggugat ini sudah membuat surat pernyataan di 12 Desember 2017. Dan itu dengan petitumnya sangat bertentangan. Dalam petitumnya mereka menyatakan bahwa si Penggugat suruh masuk lagi bekerja,” tutur Yogi seusai menghadiri persidangan yang digelar di ruang sidang Wirjono Prodjodikoro, gedung PHI Bandung.

Permasalahan tersebut, menurut Yogi, telah diupayakan penyelesaiannya melalui Dinas Tenaga Kerja yang menganjurkan agar PT. Nusantara Jaya Sentosa membayar hak-hak Pekerja. “ Di Disnaker, si Tergugat disuruh membayar kepada Penggugat karena disitu terdapat, bahwa telah jelas nyata si Tergugat sudah mem-PHK,” jelasnya. Sehingga ia menuntut, agar PHI Bandung menetapkan besaran uang pesangon, tunjangan hari raya dan upah selama tidak dipekerjakan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of