Minggu, 29 Maret 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
352

Kontrak Belum Berakhir, Pekerja Mohonkan Sita 17 Kendaraan

Jakarta, BuruhOnline.com – Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, diminta oleh Pekerja melalui kuasa hukumnya Ade Septiawan Putra, untuk menetapkan sita terhadap 17 (tujuh belas) kendaraan milik PT. Citra Persada Infrastruktur. Alasannya, karena Perusahaan telah memutuskan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) sebelum masa berlakunya berakhir.

“Ada perjanjian yang tidak dipenuhi oleh pihak Tergugat dalam kontrak, sehingga kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Tergugat tidak dilaksanakan. Dan hak-hak Penggugat setelah pemutusan hubungan kerja, itu tidak dipenuhi oleh Tergugat,” jelas Ade, Rabu (8/1/2020). Menurutnya, hak yang belum dipenuhi adalah upah bulanan dan hak-hak lainnya.

Saat ditanya alasan Perusahaan dalam memutuskan kontrak kerja secara sepihak, Ade menjawab pihaknya belum mengetahui sehingga mengajukan gugatan ke PHI Jakarta Pusat. Dalam tuntutannya, PT. Citra Persada Infrastruktur diwajibkan untuk membayar sejumlah uang sebesar Rp3,1 miliar. Dan meminta ganti rugi imateril akibat hilangnya kesempatan bekerja ditempat lain. Dengan alasan itulah, akhirnya Pekerja mengajukan sita atas kendaraan milik Perusahaan.

Sebelumnya, Perusahaan telah dianjurkan oleh Dinas Tenaga Kerja untuk membayarkan uang kompensasi. “Ya (harusnya) mereka membayar pesangon yang belum mereka bayarkan ke pihak prinsipal (Pekerja),” ujar Ade usai menghadiri persidangan yang digelar diruang sidang Oemar Seno Adji, gedung PHI Jakarta Pusat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of