Selasa, 2 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
748

Lewati Usia Pensiun, Modus Mengundurkan Diri Sering Dipakai Pengusaha

Bandung, BuruhOnline.com – Walau usia Ismail telah mencapai 60 tahun lebih, tetapi PT. Korin Transport Internasional enggan memutuskan hubungan kerja dengan alasan Pekerja memasuki usia pensiun. Justru sebaliknya, Ismail diminta untuk bersedia membuat surat mengundurkan diri. “Ketika dia mengajukan istirahat, tiba-tiba membuat surat pengunduran diri,” tutur Riyan Irmawansyah, Senin (6/1/2020).

Menurut Riyan, Ismail yang mengaku bekerja sejak tahun 1992 telah meminta untuk diistirahatkan, karena usia yang telah lanjut. “Jadi dia bilang sama pihak Perusahaan, menyatakan ingin istirahat. Kalau sudah 62 tahun itu-kan, sudah melewati usia pensiun,” ujarnya usai menghadiri sidang yang beragendakan replik di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung itu.

“Kondisinya memang sudah tua, serba berkurang-lah, tenaganya, penglihatannya, cuma karena ada pengunduran diri itu, otomatis Perusahaan berdalih sudah mengundurkan diri,” terang Riyan. Sehingga PT. Korin Transport Internasional menoilak jika dituntut untuk memberikan uang kompensasi pesangon dengan alasan pemutusan hubungan kerja karena pensiun.

Sebelumnya, Ismail telah berupaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut di Dinas Tenaga Kerja. Diceritakan Riyan, Disnaker telah menganjurkan agar Perusahaan terlebih dahulu membayarkan uang pesangon Ismail. “Isi anjuran Disnaker, ya, Perusahaan harus membayar dulu hak pensiunnya,” jelasnya.

Namun karena pihak Perusahaan tidak juga menjalankan anjuran Disnaker, akhirnya Ismail mendaftarkan gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja ke PHI Bandung pada 28 Nopember lalu. Ia meminta dinyatakan putus hubungan kerja dengan kualifikasi pensiun dan penetapan pembayaran uang pesangon, penghargaan masa kerja serta penggantian hak.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of