Rabu, 29 Januari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
125

Pekerja Tuntut Bekerja Kembali, Ancol Beralasan Pekerja Telah Cairkan BPJS

Jakarta, BuruhOnline.com – PT. Taman Impian Jaya Ancol beralasan Hari Budi Santoso telah mencairkan dana jaminan hari tua yang disimpan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, sehingga keinginan Hari yang menuntut dipekerjakan kembali, dianggap tidak beralasan. “Kata Perusahaan, Pekerja sudah mengambil dari pada dana pensiun dan juga BPJS,” ujar Riswanto selaku kuasa hukum Hari.

Selain itu, Perusahaan menilai Hari telah melakukan kesalahan berat, yakni menggunakan dana jaminan untuk kepentingan pribadinya. Padahal, menurut Riswanto, tuduhan Perusahaan bukan dilakukan Hari tetapi oleh teman sekerjanya. Namun karena Hari enggan dipermasalahkan, akhirnya ia mengembalikan uang jaminan sebagai pengganti dari tindakan yang dilakukan temannya.

“Kata Perusahaan bahwa, Penggugat dianggap mengambil duit. Padahal yang mengambil duit itu adalah temannya,” tutur Riswanto, Kamis (9/1/2020). Diceritakannya usai menghadiri persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Hari terpaksa mengembalikan uang jaminan yang digunakan temannya dengan meminjam uang dari koperasi. “Atas perintah dari atasan klien saya, agar tidak jadi masalah, dipulangin duitnya. Akhirnya klien saya pinjem duit koperasi, baru dibayarkan,” tandas Riswanto.

Akan tetapi, pengembalian tersebut justru dianggap sebagai tindakan yang membuktikan Hari telah memakai uang. “Makanya (Pekerja) itu di PHK oleh Perusahaan,” tutur Riswanto. Terhadap tuduhan itu, alasan PHK Perusahaan dianggap Riswanto belum-lah cukup. Karena Pasal 158 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, yang dijadikan sebagai dasar hukum PT. Taman Impian Jaya Ancol, telah dinyatakan tidak mengikat oleh Mahkamah Konstitusi.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Hari tak terima jika dianggap telah melakukan pelanggaran berat. Sehingga, ia meminta Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Taryan Setiawan, untuk memerintahkan Perusahaan mempekerjakan kembali dirinya. Selain tuntutan bekerja kembali, Hari dalam surat gugatannya juga meminta agar Pengadilan menetapkan upah yang belum dibayarkan sejak Oktober 2018, dan tunjangan hari raya tahun 2019. Riswanto berharap, PT. Taman Impian Jaya Ancol dapat menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of